Mengulik Inflasi Bangka Belitung

- Minggu, 21 Agustus 2022 | 14:33 WIB
Devi Valeriani Dosen Fakultas Ekonomi Univeristas Bangka Belitung (UBB)
Devi Valeriani Dosen Fakultas Ekonomi Univeristas Bangka Belitung (UBB)

Dr Devi Valeriani SE MSi

Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Bangka Belitung

 

OPINI,www.wowbabel.com -- Peringkat ketiga tertinggi dengan angka inflasi tahunan 7,77 persen dipublikasi oleh Presiden Jokowi Tanggal 18 Agustus 2022 pada pembukaan rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi Tahun 2022 di Istana Negara. Beberapa hal yang bisa disimak dari apa yang disampaikan oleh Presiden bahwa terlihat bahwa lima provinsi dengan angka inflasi tertinggi semuanya merupakan provinsi di Wilayah Sumatera, yaitu Jambi sebesar 8,55 persen, Sumatera Barat 8,01 persen, Bangka Belitung 7,77 persen, Riau 7,04 persen, serta Aceh sebesar 6,97 persen.

Kondisi ini mencerminkan wilayah Sumatera memiliki kecendrungan wilayah dengan kondisi geografis yang terdiri dari gugusan pulau-pulaukepulauan kecil atau daerah dan pesisir, serta gugusan pegunungan. Mencermati kondisi di Bangka Belitung dengan akumulasi angka inflasi year on year dari bulan juli 2021 sampai juli 2022, perlu diruntut komoditas apa saja yang menjadi pembentuk inflasi tersebut.

Patut kita cermati dalam kurun waktu tersebut beberapa komoditas global maupun lokal mengalami kenaikan harga yang sangat luar biasa.

Di Bangka Belitung terlihat harga cabai pada Bulan Maret 2022 menembus angka diatas 150 ribu, harga daging sapi menjelang Idhul Adha berkisar antara Rp. 140.000 sampai Rp.160.000 perkilogram, harga ikan selar dan ikan tenggiri kerap menjadi pemicu inflasi bulanan demikian juga harga ayam ras terpantau mengalami pergerakan yang juga memicu inflasi.

Baca Juga: Generasi Baru Yamaha, TMAX 2022 Lebih Besar Makin Sangar

Kondisi minyak goreng yang sulit di pasaran sempat membentuk ketidakstabilan harga. Hal tersebut dapat dikatakan bahwa komoditas bahan pangan memiliki kerentanan harga yang berpeluang besar menjadi pembentuk tingginya angka inflasi daerah.

Halaman:

Editor: Robby Wow

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Oppo Find N2 Flip Ponsel Lipat Foto Copy Galaxy Z Flip

Minggu, 29 Januari 2023 | 11:39 WIB
X