DPRD Babel Gelar Paripurna Penyampaian Tiga Raperda, Salah Satunya Raperda Penanggulangan Kemiskinan

- Rabu, 7 Juni 2023 | 21:19 WIB
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bangka Belitung mengadakan Rapat Paripurna pada hari Rabu, 7 Juni 2023. (ist)
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bangka Belitung mengadakan Rapat Paripurna pada hari Rabu, 7 Juni 2023. (ist)

BANGKA BELITUNG,www.wowbabel.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bangka Belitung mengadakan Rapat Paripurna pada hari Rabu, 7 Juni 2023, yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Babel, Beliadi.

Rapat tersebut bertujuan untuk menyampaikan tiga Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda).

Beliadi menyampaikan tiga Raperda tersebut, yaitu Rancangan Peraturan Daerah inisiatif dari DPRD Babel, termasuk di dalamnya adalah Raperda Pengarusutamaan Bahasa Indonesia, pelestarian bahasa daerah dan sastra daerah.

Selain itu, Pemerintah Provinsi Bangka Belitung juga akan menyampaikan dua Rancangan Peraturan Daerah.

Baca Juga: Empat Pelajar Asal Bangka Barat Lolos Seleksi Anggota Paskibraka Tingkat Provinsi Bangka Belitung

"Ada dua Raperda yang akan disampaikan oleh Pemerintah Provinsi Babel, yaitu Rancangan Peraturan Daerah tentang penanggulangan kemiskinan dan tentang pajak dan retribusi daerah," ujar Beliadi.

"Ketiga Raperda tersebut telah masuk dalam Proses Penyusunan Peraturan Daerah (Propemperda) Babel dan sudah disepakati," tambahnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Pj) Gubernur Bangka Belitung, Suganda Pandapotan Pasaribu, menyatakan bahwa Raperda Penanggulangan Kemiskinan merupakan bagian dari upaya pembangunan kesejahteraan sosial dan merupakan implementasi dari tujuan negara yang diamanatkan dalam Undang-Undang 1945.

"Saat ini, masalah kesejahteraan sosial yang ada menunjukkan bahwa masih banyak masyarakat yang belum memperoleh pelayanan sosial yang layak dan belum terpenuhi hak-hak dasar mereka, " kata Suganda Pandapotan Pasaribu.

Baca Juga: Buruan, Pendaftaran Seleksi Calon Komisoner Kabupaten/Kota di Provinsi Bangka Belitung Telah Dibuka

Akibatnya, banyak masyarakat, terutama di Bangka Belitung, menghadapi hambatan dalam menjalani kehidupan yang layak dan bermartabat.

"Dengan adanya Peraturan Daerah ini, diharapkan Pemerintah Provinsi selalu berada dalam semangat penanggulangan kemiskinan untuk mewujudkan kesejahteraan sosial dengan melibatkan semua lapisan masyarakat, sesuai dengan kewenangan yang diberikan oleh pemerintah pusat kepada daerah," jelasnya.

Selanjutnya, terdapat Raperda tentang Pajak dan Retribusi Daerah yang merupakan ketentuan dari Undang-Undang Nomor 1 tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Daerah, yang berlaku selama dua tahun sejak diundangkan.

"Raperda ketiga, yaitu Pengarusutamaan Bahasa Indonesia, Pelestarian Bahasa dan Sastra Daerah, merupakan inisiatif dari DPRD Provinsi Babel," ucapnya.

Halaman:

Editor: Barly Wow

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Petani Babel Ekspor 25 Ton Chip Porang ke China

Jumat, 29 September 2023 | 13:46 WIB
X