BMKG Perkirakan Musim Hujan Akan Terjadi Pada Bulan November 2023

- Senin, 18 September 2023 | 11:25 WIB
BMKG memprediksikan musim kemarau masih panjang  (ist)
BMKG memprediksikan musim kemarau masih panjang (ist)

BANGKA BELITUNG, www.wowbabel.com -- Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) memprakirakan awal musim penghujan di wilayah Indonesia akan terjadi pada bulan November 2023.

Menurut Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Pangkalpinang, Kurniaji jika awal musim hujan di wilayah Indonesia Khususnya di wilayah Babel terjadi pada bulan November 2023 atau lebih lambat jika dibandingkan dengan biasanya.

"Info terakhir dari Stasiun Klimatologi Bangka Belitung menyebutkan bahwa, musim penghujan tahun 2023 diprakirakan mulai pada November 2023 antara Dasarian II dan III," Kurniaji, Senin 18 September 2023.

Baca Juga: Jangan Bakar Hutan Sembarangan di Musim Kemarau, Kapolda Babel Ingatkan Ada Sanksi Hukum Menanti

Kurniaji juga mengungkapkan, untuk kondisi cuaca yang saat di semua wilayah di Indonesia terasa panas disebabkan tidak adanya hujan ringan atau lebat yang turun.

"Kondisi cuaca sebetulnya relatif masih normal dan suhu yang terasa panas-terik kita rasakan di beberapa Minggu terakhir ini murni disebabkan oleh kelembapan yang cenderung rendah dikarenakan tidak ada hujan ringan-lebat yang turun," ujarnya.

"Memang periode yang lama dan skala yang luas di wilayah Babel, sempat ada hujan seperti yang terjadi tadi malam dan di beberapa hari terakhir namun cenderung sangat ringan dan dalam skala yang sangat sempit," ungkapnya.

Baca Juga: Musim Kemarau, Polda Babel Tingkatkan Pengawasan Kawasan Rawan Kebakaran

Selain itu kata Kurniaji, kondisi ini lah yang menyebabkan suhu terasa menyengat dalam kurun waktu beberapa minggu terakhir ini.

"Untuk suhu sebetulnya masih di bawah 34 derajat maksimum," ucap Kurniaji.

Editor: Krisya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Petani Babel Ekspor 25 Ton Chip Porang ke China

Jumat, 29 September 2023 | 13:46 WIB
X