Uni Eropa Tidak Mengakui Empat Wilayah Ukraina Gabung ke Rusia

- Kamis, 29 September 2022 | 09:10 WIB
Vasily Nebenzya Perwakilan Tetap Rusia di PBB mengatakan referendum membawa perdamaian bagi penduduk Donetsk, Luganks, Kherson, Zaporozhye (IST)
Vasily Nebenzya Perwakilan Tetap Rusia di PBB mengatakan referendum membawa perdamaian bagi penduduk Donetsk, Luganks, Kherson, Zaporozhye (IST)

MOSKOW, wowbabel.com --  Presiden Dewan Eropa Charles Michel mengatakan Uni Eropa (UE)  tidak  mengakui hasil referendum di republik rakyat Donetsk dan Lugansk (DPR dan LPR), serta di wilayah Zaporozhye dan Kherson.

Keempat wilayah ini dari hasil referendum digelar pekan lalu  menjadi negara sendiri dan bergabung dengan Federasi Rusia.

"Referensi palsu. Hasil palsu. Kami tidak mengakui keduanya," tulisnya di Twitter pada Selasa (27/8/2022).

Sedangkan Vasily Nebenzya Perwakilan Tetap Rusia untuk PBB menegaskan bahwa penggabungan Donbas ke Rusia akan membawa perdamaian ke wilayah ini  

Baca Juga: Referendum Empat Wilayah Sah di Bawah Serangan Ukraina

 "Ini adalah peristiwa yang telah lama ditunggu-tunggu oleh masyarakat di Donbas, yaitu membawa perdamaian ke tanah mereka yang hilang selama delapan tahun," kata Vasily saat pertemuan di PBB.

Selama delapan tahun ini, tambah Vasily,  penduduk di wilayah ini dipenuhi rasa takut. Hingga sepuluh orang, termasuk anak-anak, telah terbunuh setiap minggunya di Republik Rakyat Donetsk dan Lugansk akibat penembakan.

Pekan lalu, kepemimpinan Republik Rakyat Donetsk dan Lugansk serta wilayah Kherson dan Zaporozhye yang dibebaskan membuat keputusan untuk mengadakan referendum untuk bergabung dengan Rusia.

Keempat daerah itu menggelar pemungutan suara pada 23-27 September. Menurut hasil akhir referendum DPR, total 99,23% penduduk republik telah memilih untuk bergabung dengan Rusia (jumlah pemilih 98,2%). 

Baca Juga: Pianis Terkenal Lisitsa Setelah Tujuh Tahun Menyuarakan Referendum Untuk Donbas

Halaman:

Editor: Kris Wow

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Korsel dan Korut Memanas Saling Berbalas Rudal

Rabu, 2 November 2022 | 21:16 WIB

Rusia Ingatkan Perang Nuklir Bencana Bagi Dunia

Selasa, 25 Oktober 2022 | 20:35 WIB

Drone Kamikaze Alias Syahid Iran Menakutkan Dunia

Selasa, 18 Oktober 2022 | 20:31 WIB

Benzema dan Putellas Meraih Gelar Ballon d'Or 2022

Selasa, 18 Oktober 2022 | 09:49 WIB

Ledakan  dan Bentrokan Terus Terjadi di Ukraina

Senin, 17 Oktober 2022 | 17:10 WIB
X