Referendum Empat Wilayah Sah di Bawah Serangan Ukraina

- Senin, 26 September 2022 | 12:13 WIB
Pelaksanan referendum di empat wilayah Ukraina yang dikuasai Rusia diwarnai penembakan besar. Salah satu serangan menghantam sebuah hotel di pusat kota Kherson, menewaskan mantan anggota parlemen Ukraina dan politisi aktif Alexey Zhuravko.  (IST)
Pelaksanan referendum di empat wilayah Ukraina yang dikuasai Rusia diwarnai penembakan besar. Salah satu serangan menghantam sebuah hotel di pusat kota Kherson, menewaskan mantan anggota parlemen Ukraina dan politisi aktif Alexey Zhuravko.  (IST)

MOSKOW, wowbabel.com -- Pemungutan suara dalam referendum untuk bergabung dengan Rusia telah berakhir di Republik Rakyat Lugansk dan Donetsk (LPR, DPR), serta di wilayah Zaporozhye dan Kherson.

Referendum telah diakui sah di tiga wilayah pertama karena jumlah pemilih telah melewati 50%. Proses pemungutan suara berlanjut di tengah serangan penembakan oleh militer Ukraina

TASS melaporkan serangan besar terjadi selama referendum selama akhir pekan. Salah satu serangan menghantam sebuah hotel di pusat kota Kherson, tempat para wartawan menginap. 

Serangan itu menewaskan mantan anggota parlemen Ukraina dan politisi aktif Alexey Zhuravko. Dua anggota KPU keliling mengalami luka-luka di DPR.

Baca Juga: Rusia Ingatkan 50 Laboratorium Biologi AS Rentan Disalahgunakan

Sedangkan serangan Rusia menewaskan sekitar 100 tentara bayaran di dekat kota Zaporozhye, kata Juru Bicara Kementerian Pertahanan Rusia Letnan Jenderal Igor Konashenkov. 

Serangan Rusia di Wilayah Nikolayev menyebabkan 300 tentara bayaran asing tewas. Angkatan Udara Rusia menjatuhkan dua pesawat MiG-29 Ukraina yang didesain ulang untuk membawa rudal HARM buatan AS. 

Pasukan artileri Rusia juga mencegah tentara Ukraina melancarkan serangan ke kota Maryinka di DPR.

Baca Juga: Wilayah Ini Gelar Referendum Lepas Dari Ukraina

Selain itu, pasukan Rusia menghentikan pasukan Ukraina dari menyerang Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Zaporozhye, mencegat delapan drone kamikaze.

Halaman:

Editor: Kris Wow

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Korsel dan Korut Memanas Saling Berbalas Rudal

Rabu, 2 November 2022 | 21:16 WIB

Rusia Ingatkan Perang Nuklir Bencana Bagi Dunia

Selasa, 25 Oktober 2022 | 20:35 WIB

Drone Kamikaze Alias Syahid Iran Menakutkan Dunia

Selasa, 18 Oktober 2022 | 20:31 WIB

Benzema dan Putellas Meraih Gelar Ballon d'Or 2022

Selasa, 18 Oktober 2022 | 09:49 WIB

Ledakan  dan Bentrokan Terus Terjadi di Ukraina

Senin, 17 Oktober 2022 | 17:10 WIB
X