Pasar Keuangan Eropa Langsung Terguncang Setelah Putin Umumkan Pengerahan Pasukan ke Ukraina

- Rabu, 21 September 2022 | 17:09 WIB
Pengumuman Presiden Valdimir Puting meningkatkan perang di Ukraina memukul pasar keungan Eropa , Rabu (21/9). Eurp jatuh dan harga minyak langsung melonjak. (IST)
Pengumuman Presiden Valdimir Puting meningkatkan perang di Ukraina memukul pasar keungan Eropa , Rabu (21/9). Eurp jatuh dan harga minyak langsung melonjak. (IST)

 

AMERIKA, wowbabel.com -- Aktivitas keuangan dunia terguncang setelah Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan untuk memobilisasi 300.000 pasukan cadangan ke Ukraina. Rusia meningkatkan perangnya terhadap Ukraina.

Treasuries, emas, dan dolar memimpin kenaikan aset-aset haven  yang sudah bersiap untuk kenaikan suku bunga tinggi dari Federal Reserve.  Euro jatuh dan minyak melonjak karena investor bereaksi terhadap sumpah Putin untuk menggunakan segala cara yang diperlukan untuk mempertahankan  integritas teritorial Rusia.

Mengutip Bloomberg, saham Eropa dan AS berjangka jatuh, mengikuti ekuitas Asia yang berada di zona merah sejak pembukaan. Imbal hasil treasury sepuluh tahun merosot empat poin menjadi 3,52%.

Baca Juga: Perayaan Kemenangan Ukraina Prematur,  Justru Awal Perang Berkepanjangan Hingga Bencana Nuklir 

Mata uang dolar AS diperdagangkan mendekati rekor tertinggi di tengah kegelisahan pasar sementara bitcoin turun di bawah US$19.000.

Yuan  jatuh ke level terendah terhadap dolar sejak pertengahan 2020, bahkan setelah People's Bank of China menetapkan kurs referensi harian untuk mata uang yang lebih kuat dari perkiraan untuk hari ke-20.

Pejabat Fed akan memberikan angka pada "rasa sakit" yang telah mereka peringatkan ketika bank sentral menerbitkan proyeksi ekonomi baru Rabu. Mereka diperkirakan akan naik 75 basis poin lagi, menurut sebagian besar analis yang disurvei oleh Bloomberg.

"Volume tetap ringan dan suasana hati-hati, dengan sedikit yang ingin mengambil posisi besar sebelum mendengar apa yang dikatakan Fed dan di mana pembuat kebijakan melihat suku bunga akan naik pada akhir siklus kenaikan," kata Fiona Cincotta, analis pasar keuangan senior di City Index.

Baca Juga: Putin Mobilisasi Pasukan dan Gunakan Segala Cara Melawan Barat

Halaman:

Editor: Kris Wow

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Korsel dan Korut Memanas Saling Berbalas Rudal

Rabu, 2 November 2022 | 21:16 WIB

Rusia Ingatkan Perang Nuklir Bencana Bagi Dunia

Selasa, 25 Oktober 2022 | 20:35 WIB

Drone Kamikaze Alias Syahid Iran Menakutkan Dunia

Selasa, 18 Oktober 2022 | 20:31 WIB

Benzema dan Putellas Meraih Gelar Ballon d'Or 2022

Selasa, 18 Oktober 2022 | 09:49 WIB

Ledakan  dan Bentrokan Terus Terjadi di Ukraina

Senin, 17 Oktober 2022 | 17:10 WIB
X