• Senin, 3 Oktober 2022

Tahukah Kamu, Timah Bangka Belitung Digunakan Sebagai Bahan Baku Pembuatan Smartphone di Seluruh Dunia

- Rabu, 21 September 2022 | 20:43 WIB
Penggunaan logam timah terbanyak untuk kebutuhan solder sebagai perekat dalam alat elektronik, komputer hingga ponsel.  (IST)
Penggunaan logam timah terbanyak untuk kebutuhan solder sebagai perekat dalam alat elektronik, komputer hingga ponsel.  (IST)

GAYA HIDUP,www.wowbabel.com-- Saat Kamu datang ke Bangka Belitung, Kamu pasti tahu kalau pulau itu adalah penghasil timah terbesar di Indonesia.

Tapi siapa sangka, timah dari Pulau Bangka Belitung punya peranan penting untuk bahan baku pembuatan smartphone di seluruh dunia.

Buktinya, produsen smartphone besar di dunia seperti Apple, Sony, Samsung, Motorola, dan LG Electronis mengakui bahwa produk-produknya mengandung timah hasil penambangan di Pulau Bangka Belitung, Indonesia.

Baca Juga: Wow... ini Dia Manfaat Timah yang Harus Banget Kamu Tahu

Melansir dari laman goodnewsfromindonesia pada Rabu, 21 September 2022 di dalam handphone terdapat ratusan komponen seperti tembaga, timah, dan emas dalam papan sirkuit yang digali dari tambang di seluruh dunia.

Dan hampir dapat dipastikan timah yang ada dalam gadget Kamu berasal dari Pulau Bangka-Belitung.

Timah menjadi komponen penting dalam telepon selular dan sedikitnya terdapat 7 gram timah dalam setiap unit telepon tersebut. Perekat yang menahan semua resistor, transistor, dan rangkaian terpadu dalam peralatan elektronik adalah bahan solder kaya timah, campuran yang terdiri dari 95 % timah plus perak dan tembaga.

Proses Penambangan timah oleh masyarakat (Ist)

Timah belum ada barang penggantinya, tanpa timah smartphone tidak akan ada. Timah bersifat kuat, ringan, dan tahan karat.

Halaman:

Editor: Taharulah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ketika Harga Beras Mahal Singkong Bisa Jadi Pilihan

Minggu, 2 Oktober 2022 | 18:08 WIB

Kamisol Daleman Serbaguna dan Trendy 

Minggu, 2 Oktober 2022 | 06:30 WIB

Tips Sukses Di Dunia Kerja Dengan Menguasai Excel.

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 16:47 WIB

Kasus KDRT, Karir Rizky Billar Terancam

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 12:19 WIB

Gurih dan Nikmatnya Sambal Matah Khas Bali

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 08:27 WIB
X