• Senin, 3 Oktober 2022

Gara-gara India, Harga CPO Dunia Terus Menanjak

- Selasa, 20 September 2022 | 15:45 WIB
Caption: Petani Sawit di Bangka Belitung. (dwi/wb)
Caption: Petani Sawit di Bangka Belitung. (dwi/wb)

MALAYSIA, wowbabel.com – Harga minyak sawit mentah (CPO) di pasar dunia terus naik. Harga CPO terdorong oleh melonjaknya permintaan dari India sebagai konsumen utama dunia.

Kontrak patokan harga CPO untuk pengiriman Desember di Bursa Malaysia Derivatives Exchange naik 1,5% pada awal perdagangan dan sedikit terkoreksi 33 ringgit, atau 0,89%, menjadi 3.667 ringgit (US$805,58) per ton pada jeda perdagangan, Selasa (20/9/2022). 

Minyak sawit berjangka Malaysia mengalami kenaikan awal perdagangan karena para pedagang memperkirakan kenaikan produksi terhadap permintaan yang kuat dari pembeli utama India menjelang festival utama di sana.

“Kontrak telah menurun hampir 6% dalam empat sesi terakhir. Pasar diperdagangkan di kedua sisi dengan ringgit yang lebih lemah dan ekspektasi ekspor September yang lebih tinggi mengangkat pasar di awal transaksi,” kata seorang pedagang yang berbasis di Kuala Lumpur dikutip business recorder.

Baca Juga: Harga Sawit Bakal Naik Lagi Setelah India Tampung Dua Juta Ton CPO Indonesia

“Tetapi kurangnya tindak lanjut pembelian pada harga yang lebih tinggi mendorong beberapa pedagang untuk membukukan keuntungan,” tambahnya.

Produksi kelapa sawit Malaysia diperkirakan akan meningkat pada bulan September, meskipun kekurangan tenaga kerja dan ekspor yang lebih tinggi dapat membatasi kenaikan.

Refinitiv Commodities Research dalam sebuah catatan mengatakan  produsen minyak sawit Indonesia mengurangi persediaan mereka yang besar dan kuat dengan diskon dan penjualan agresif ke India, di mana permintaan meningkat untuk festival Diwali bulan depan.

Baca Juga: Pupuk Subsidi Dihapus, Petani Sawit Bangka Barat Kecewa

Harga minyak sedikit berubah di tengah kekhawatiran bahwa kenaikan suku bunga di Amerika Serikat untuk menjinakkan inflasi akan mengekang pertumbuhan ekonomi dan permintaan bahan bakar di konsumen minyak mentah terbesar dunia.

Halaman:

Editor: Kris Wow

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Penyebab Harga Timah di ICDX Lebih Tinggi

Senin, 3 Oktober 2022 | 08:18 WIB

Harga Timah Melonjak Saat Prospek Permintaan Logam Suram

Kamis, 29 September 2022 | 12:34 WIB

Gagal Rebound, Harga Timah Turun 1,2 Persen

Rabu, 28 September 2022 | 17:06 WIB

Impor Timah Konsentrat China Naik Signifikan

Rabu, 28 September 2022 | 14:48 WIB

Lonjakan Harga Timah Tertahan

Rabu, 28 September 2022 | 10:27 WIB

Harga Timah Masih Kuat dari Hantaman Dolar AS

Selasa, 27 September 2022 | 13:32 WIB
X