10 Negara dan Tiga Duta Besar Bakal Hadiri KHI di Babel

Dwi H Putra    •    Jumat, 10 Juni 2022 | 13:00 WIB
Lokal
Caption: Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Babel, Dr Zayadi. (dwi/wb)
Caption: Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Babel, Dr Zayadi. (dwi/wb)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Sebanyak 400 peserta atau utusan baik dari dalam maupun luar negeri bakal hadir dalam Kongres Halal Internasional (KHI) yang akan dilaksanakan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) sebagai tuan rumah pada 14-18 Juni 2022 mendatang. 

"Setidaknya sudah ada 10 negera dan tiga duta besar (Dubes) yang telah mengkonfirmasi kehadirannya," kata Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Babel, Dr Zayadi di Pangkalpinang, Kamis (9/6/2022) kemarin. 

Lanjutnya, disayangnya Presiden RI Joko Widodo dikabarkan batal hadir membuka event bertaraf internasional ini, dan menunjuk wakilnya Ma'ruf Amin.

"Pak Wapres yang ditugaskan untuk hadir membuka kegiatan ini, diagendakan juga melaunching Produk Halal dan Soft Opening Kampung Wisata Halal Babel, sekaligus memberikan pengarahan kepada peserta kongres," jelas Zayadi. 

Pihaknya memastikan acara tetap mengedepankan protokol kesehatan Covid-19 seperti halnya menunjukan hasil negatif pemeriksaan tes PCR.

"Pemeriksaan ini Insya Allah akan siap, makanya kami rapat finalisasi ini untuk mengetahui kesiapan dari masing-masing yang terlibat di kongres ini," ujarnya.

"Oleh sebab itu, kami berharap kesiapan masing-masing kabupaten/ kota menyambut para tamu ini yang akan melaksanakan tour-nya, kami juga minta kalau bisa aktivitas pertambangan yang berdekatan dengan tempat kunjungan ini dihentikan sementara," harap Zayadi. 

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Babel, Naziarto, mengatakan sukses acara ini menyangkut nama baik Babel sebagai provinsi yang ditunjuk sebagai tuan rumah. 

Oleh sebab itu, pihaknya mengajak berkoordinasi dan kerjasama yang baik dari pemerintah kabupaten/ kota.

“Kongres halal ini harus betul-betul terlaksana dengan baik, makanya kongres ini sangat penting untuk menjadi cermin bagi negara-negara lain," jelas Naziarto. 

"Babel menjadi contoh bagi provinsi lain yang menyanggupi pelaksanaan event bertaraf Internasional dan sebagai daerah yang mampu membawa kemaslahatan umat," pungkasnya. (dwi/wb)



BACA JUGA
MEDSOS WOWBABEL