107 Calon Kades di Bateng Sudah Ambil Nomor Urut

Herdian wow    •    Rabu, 04 Mei 2022 | 22:29 WIB
Lokal
Sejumlah calon kades yang akan bertarung dalam Pilkades Serentak Bangka Tengah saat ini sudah mengambil nomor urut.(ist)
Sejumlah calon kades yang akan bertarung dalam Pilkades Serentak Bangka Tengah saat ini sudah mengambil nomor urut.(ist)

KOBA, www.wowbabel.comĀ  -- 29 desa di Kabupaten Bangka Tengah bakal menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak . Saat ini tahapan Pilkades Serentak tersebutadalah pengambilan nomor urut.

Panitia Pilkades Kabupaten Bangka Tengah, Rabu (4/5/2022) telah melakukan pengundian atau penetapan nomor urut bagi para Calon Kades. Penetapan nomor urut itu dilakukan di masing-masing Sekretariat Pilkades yang berada di setiap desa.

Kepala Dinas Sosial, Pemerintahan Masyarakat dan Desa (DinsosPMD) Kabupaten Bangka Tengah, Padlillah mengatakan, total ada sebanyak 107 calon kades yang sudah dinyatakan siap mengikuti proses pemungutan suara dan telah mendapatkan nomor urut.

"Alhamdulillah hari ini, semua desa yang menggelar Pilkades sudah melangsungkan penetapan nomor urut calon kades di kantor desanya masing-masing," terang Padlillah, Rabu (4/5/2022)

Ia menyebutkan ada 107 Calon Kades yang akan berlaga dalam Pilkades pada tanggal 22 Juni mendatang.

"Sebelumnya, ada total 115 calon kades yang sudah mendaftar dan beberapa desa ada yang calonnya 6 sampai 7 orang," ungkapnya.

Ia melanjutkan desa yang jumlahnya calonnya lebih dari 5 orang tersebut kemudian dikerucutkan dan dipilih menjadi maksimal 5 orang calon saja.

Sementara itu, Desa Keretak Atas yang sebelumnya hanya memiliki satu orang calon, setelah dilakukan perpanjangan masa pendaftaran, akhirnya bertambah lagi satu orang kandidat.

"Syukurlah untuk Desa Keretak Atas yang sebelumnya tidak memenuhi persyaratan karena calonnya hanya satu, sekarang sudah ada dua calon sehingga tetap bisa mengikuti Pilkades," ungkapnya

Disampaikannya pelaksanaan Pilkades serempak Kabupaten Bangka Tengah pada tahun ini akan berjalan sesuai dengan timeline yang telah ditentukan.

Untuk itulah dirinya meminta agar para calon dan panitia Pilkades untuk melaksanakan semua proses dan tahapan pelaksanaan Pilkades tahun 2022 ini sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku.

Lebih lanjut dikatakan Padlillah, di masa pandemi Covid-19 yang belum berakhir ini, agar para calon kades tidak boleh melakukan kampanye secara berlebihan.

"Untuk waktu kampanye hanya kita batasi selama 3 hari mendekati waktu pemungutan suara. Dan itupun tidak boleh ada kegiatan yang mengumpulkan masa dalam jumlah besar," pungkasnya.

Oleh karena itu, kegiatan kampanye hanya dibatasi sebanyak maksimal 50 orang melalui kegiatan sosialisasi penyampaian visi misi dan sejenisnya.

Tak lupa, dirinya meminta partisipasi masyarakat untuk memilih calon kades yang sesuai dengan kehendak hatinya masing-masing.

Selain itu, pada pelaksanaan pilkades kali ini agar para panitia benar-benar menempatkan diri berada digaris tengah dan tidak memihak kepada calon manapun.

Kemudian, dirinya meminta agar para Calon Kades juga dapat bersaing secara adil, tanpa adanya black campaign, money politic dan tindakan kecurangan lainnya.

"Harapan kami, semoga pilkades tahun ini dapat sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan dan berjalan dengan lancar serta disambut baik oleh partisipasi masyarakat, terutama yang memiliki mata pilih," tukasnya (her/wb).




BACA JUGA
MEDSOS WOWBABEL