Sistem Cashless Segera Diterapkan di Parkir Bandara Depati Amir Pangkalpinang

Jurnalis_Warga    •    Kamis, 31 Maret 2022 | 20:37 WIB
Opini
Bandara Depati Amir Pangkalpinang.(sumber: instagram)
Bandara Depati Amir Pangkalpinang.(sumber: instagram)

 Oleh: Felia Agni Lestari (Mahasiswi UPN Veteran)


Dalam rangka penerapan digitalisasi, Bandar Udara Depati Amir Pangkalpinang kini tidak lagi menerima pembayaran parkir bandara secara tunai. PT. Angkasa Pura II Bandara Depati Amir Pangkalpinang selaku pengelola bandara akan menerapkan sistem pembayaran parkir berbasis aplikasi digital secara non tunai. Pemberlakuan penerapan sistem pembayaran parkir ini akan berlaku efektif terhitung mulai 1 April 2022. 

Dikutip dari rri.co.id dalam artikel yang berjudul “Efektif April 2022, Parkir Bandara Depati Amir Pangkal Pinang Tak Gunakan Uang Tunai”, Muhammad Adi Wiyatno selaku Executive General Manajer Angkasa Pura II Bandara Depati Amir Pangkal Pinang juga mengungkapkan bahwa sistem pembayaran parkir non tunai ini dilakukan untuk mempercepat kebijakan pemerintah pusat dalam penerapan digitalisasi di bandara. Dimana sistem pembayaranparkir yang semula menggunakan pembayaran konvensional beralih ke sistem cashless menggunakan aplikasi digital. 

“Perubahan dari konvensional ke cashless itu setidaknya sebagai digitalisasi airport dari kantor pusat, semua cashless, kita mengarah ke airport digital sehingga semua sudah seperti itu sehingga lebih maksimal. Kita sudah siapkan 2 – 3 bulan yang lalu, masyarakat harus mempersiapkan diri. Harapannya bisa lancar di gerbang keluar operasionalnya jadi lancar dan cepat, bisa dengan gopay sebelum keluar loket, langsung transaksi di cek out-nya, di pintu gerbang tinggal pasang barcodenya” ujar Muhammad Adi Wiyatno, Jumat (18/3/2022) di Pangkal pinang.

Penerapan dan pemberlakuan sistem pembayaran parkir non tunai ini sebelumnya telah disosialisasikan terlebih dahulu kepada seluruh masyarakat khususnya penduduk Bangka Belitung melalui berbagai media dan platform bahkan spanduk-spanduk sudah dipasangkan di beberapa titik sebelum diberlakukannya penerapan parkir elektronik tersebut. 

Selain itu, pengelola bandara Angkasa Pura II Bandara Depati Amir Pangkalpinang telah berkoordinasi dengan berbagai pihak yang memiliki kebijakan sehingga nantinya aturan ini tidak berbenturan ataupun tidak terjadi miskomunikasi dalam penerapan dan pemberlakuannya.

Pemberlakuan sistem pembayaran parkir secara non tunai ini akan efektif berjalan pada 1 April 2022 hingga kedepannya. Pembayaran non tunai “CASHLESS” dapat dilakukan dengan menggunakan kartu Brizzidari Bank BRI, Tapcash dari Bank BNI, E-Money dari Bank Mandiri, Flazz dari Bank BCA, serta aplikasi uang digital seperti Dana dan Gopay dari Gojek. 

Apabila masyarakat belum memiliki aplikasi Dana atau Gopay maka masyarakat dapat memilih opsi untuk membeli kartu non tunai (Brizzi, Tapcash, Flash, E-Money) sekaligus mengisi saldo kartu non tunai tersebut melalui Indomaret atau Alfamart terdekat. Begitupun sebaliknya, apabila sudah memiliki dan menggunakan aplikasi Dana atau Gopay maka masyarakat tidak perlu repot- repot membeli kartu-kartu tersebut kecuali sebagai alternatif. 

Sebelum masuk ke bandara, masyarakat harus memastikan saldo cukup baik saldo di aplikasi digital (Dana/Gopay) maupun kartu non-tunai (Brizzi, Tapcash, Flash, E-Money). Tidak hanya itu, masyarakat juga tidak perlu khawatir dengan adanya perubahan metode pembayaran parkir non-tunai ini karena tidak ada kenaikan dalam pembayaran tarif parkir bandara sehingga diharapkan masyarakat dapat bekerjasama dengan baik dalam pemberlakuan sistem pembayaran yang baru demi kenyamanan bersama dan membantu mempercepat kebijakan pemerintah pusat dalam penerapan digitalisasi di bandara. (*)




BACA JUGA
MEDSOS WOWBABEL