Menimbun Minyak Goreng Sebagai Tindakan Melanggar Hukum

Jurnalis_Warga    •    Selasa, 22 Maret 2022 | 15:15 WIB
Opini
Ilustrasi.(net)
Ilustrasi.(net)

Oleh: Karin Putri Prakasa (Mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Bangka Belitung) 


Ketersediaan minyak goreng sampai saat ini terbilang relatif mudah dicari meski sebagian daerah saat ini pun masih ada yang merasakan sulitnya mendapatkan minyak goreng guna memenuhi keperluan memasak sehari-hari. 

Ironisnya stok minyak goreng kini pun melimpah di supermarket dan minimarket setelah pemerintah resmi mencabut kebijakan harga eceran tertinggi (HET) minyak goreng kemasan per 16 Maret 2022. Akan tetapi ketersediaan minyak goreng tersebut dibarengi dengan harga yang melonjak. 

Bahkan sebelum adanya kebijakan terbaru pemerintah, minyak goreng masih terjadi di banyak tempat sehingga banyak warga harus antre untuk membeli, walau pemerintah sudah mengeluarkan beberapa aturan untuk menstabilkan harga dan pasokan sejak Januari lalu.

Sebelum dicabut, harga eceran tertinggi minyak goreng curah Rp 11.500 per liter, minyak goreng kemasan sederhana Rp 13.500 per liter, dan minyak goreng kemasan premium Rp 14.000 per liter. Akibat kondisi ini pun pihak pemerintah mengambil lain yakni dengan menetapkan kebijakan revisi Harga Eceran Tertinggi (HET) minyak goreng menyusul adanya kelangkaan yang terjadi belakangan ini. 

Dengan demikian, HET minyak goreng dipastikan naik. HET minyak goreng yang sudah berlaku sebelumnya mengacu pada Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 06 Tahun 2022 tentang Penetapan Harga Eceran Tertinggi Minyak Goreng Sawit. 

Regulasi tersebut terbit menyusul dengan adanya kenaikan harga minyak goreng sejak akhir tahun 2021. Kala itu harga minyak goreng kemasan bermerek sempat merangkak ke angka Rp 24.000 per liter. Berdasarkan aturan tersebut, berikut perincian harga minyak goreng yang diatur Pemerintah mulai 1 Februari 2022: 

Harga minyak goreng curah sebesar Rp 11.500 per liter. 

Harga minyak goreng kemasan yamg sederhana sebesar Rp 13.500 per liter. 

Harga minyak goreng kemasan premium sebesar Rp 14.000 per liter. 

HET minyak goreng yang berlaku mulai 1 Februari 2022 memang sempat membuat harga minyak goreng di pasaran tersebut meturun. Hanya saja, ketika harga minyak goreng di pasaran sudah turun, keberadaan barang tersebut justru secara “misterius” lenyap.



BACA JUGA
MEDSOS WOWBABEL