BPS Kembali Gelar Survei Komoditas Strategis Perkebunan di Babel

Jurnalis_Warga    •    Kamis, 24 Februari 2022 | 11:57 WIB
Lokal
Caption: Pelatihan survei komoditas strategis (komstrat) perkebunan di Hotel Cordela yang digelar oleh Badan Pusat Statistik Babel, Kamis (24/2/2022). (IST)
Caption: Pelatihan survei komoditas strategis (komstrat) perkebunan di Hotel Cordela yang digelar oleh Badan Pusat Statistik Babel, Kamis (24/2/2022). (IST)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kembali menggelar survei komoditas strategis (komstrat) perkebunan. Pelaksanaan kegiatan survei ini yang kedua kalinya setelah dilaksanakan sebelumnya pada tahun 2021. 

Kegiatan survei komstrat di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung diawali dengan kegiatan pelatihan petugas tahun 2022 di Cordela Hotel Pangkalpinang, Kamis (24/2/2022). Kegiatan dibuka oleh Plt Kepala BPS Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ir. Reflin Arda 

Reflin Arda menyampaikan pentingnya sektor pertanian dalam perekonomian di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terutama komoditas strategis perkebunan yaitu lada. Luas areal lada di Babel mencapai 27,57 persen dari keseluruhan luas areal lada di Indonesia.

Selain itu, kontribusi produksi sebesar 38,62 persen dari total produksi lada Indonesia menjadikan lada adalah komoditas strategis perkebunan di Babel. 

Ia juga menjelaskan bahwa kegiatan yang berbasis teknologi Computer Assisted Personal Interviewing (CAPI) ini bertujuan untuk memperoleh estimasi data jumlah rumah tangga usaha lada, jumlah lajar dan produksi lada, serta karakteristik budidaya dan distribusi produksi lada yang dilakukan oleh rumah tangga. 

Pelatihan petugas ini menjadi penguatan pemahaman bagi petugas lapangan serta petugas pengawas agar dapat menghasilkan data lada yang akurat dan berkualitas. 

Hadi Suroso selaku Koordinator Fungsi Produksi dalam arahannya sebelum memulai pelatihan menegaskan akan pentingnya pelatihan ini untuk diikuti seluruh peserta dengan baik, dan menjadi sarana diskusi untuk memperoleh pemahaman yang sama  sebelum petugas melakukan pendataan.

Selanjutnya petugas melakukan pendataan ke lapangan dimulai dari pendataan rumah ke rumah untuk wilayah terpilih sampel tanggal 1-11 Maret 2022, kemudian dilanjutkan dengan pendataan rumah tangga terpilih sampel yang merupakan rumah tangga yang mengusahakan lada untuk di data lebih lengkap tanggal 21 Maret hingga 8 April 2022. Peran masyarakat sangat penting untuk menyukseskan kegiatan ini. (rill/wb)



BACA JUGA
MEDSOS WOWBABEL