Perkimhub Bangka Barat Sediakan Layanan Vakum Tinja Dengan Tarif Mulai dari Rp156 Ribu

Chairul Aprizal    •    Jumat, 04 Februari 2022 | 16:40 WIB
Lokal
Caption: Pelayanan Pengelolaan Lumpur Tinja yang dilaksanakan Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman, dan Perhubungan (Disperkimhub) Bangka Barat . (rul/wb)
Caption: Pelayanan Pengelolaan Lumpur Tinja yang dilaksanakan Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman, dan Perhubungan (Disperkimhub) Bangka Barat . (rul/wb)

MUNTOK, www.wowbabel.com -- Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman, dan Perhubungan (Disperkimhub) Bangka Barat sekarang sediakan layanan sedot (vakum) tinja untuk masyarakat di Bangka Barat.

Sub Kordinator Sarana Prasarana Sanitasi dari Kepala Bidang Cipta Karya Disperkimhub Bangka Barat, Anita menjelaskan bahwa pelayanan ini baru dibuka di awal tahun tepatnya Bulan Januari 2022.

"Namanya ini IPLT yaitu Instalasi Pengelolaan Lumpur Tinja perbupnya no 49 tahun 2021 retribusinya di tanggal 8 November 2021," ucap Anita,  Jumat (04/02/2022).

Anita mengakui sempat kesulitan mencari operator dan helper pada saat perekrutan di bukan Desember 2021 karena banyak yang berpersepsi keliru ketika melihat pekerjaan yang akan dilakukan tersebut.

"Ada dua mobilnya dari pengadaan dana DAK dengan kapasitas empat kubik itu mobil vakum tinja namanya sudah dijadwalkan nanti apabila disedot tahun ini maka akan disedot kembali minimal tiga tahun sekali atau lima tahun sekali kalau dia besar," jelasnya.

Anita menyebutkan setelah dilakukan pelatihan untuk petugasnya, langsung dipraktekkan dengan memulai dari Dinas Perkimhub kemudian ke Ipal di Kelurahan Sungai Daeng yang mencakup 50 rumah tangga, dan percobaan pertama dirumah Kepala Inspektorat Bangka Barat.

"Setelah kita vakum (sedot-red) kita bawa ke IPLT tadi yang berlokasi di pal 9 dekat TPA. Kalau masyarakat yang kita punya permintaan sejauh ini baru lima mungkin masih banyak yang belum tahu dan menggunakan dari swasta," ungkapnya.

Anita menyebutkan tarif vakum tinja ini mulai dari Rp156.000/m³ sampai Rp468.000/m³ dengan klasifikasi mulai dari rumah tinggal dengan tangki septic kecil sampai rumah besar atau berbentuk asrama dan sebagainya.

"Tapi kalau untuk rumah tinggal yang permanen kita pakai tarif yang dua ratus enam puluh ribu yang perumahan atau real estate kecuali yang semi permanen", tuturnya.

Anita mengatakan masyarakat jika ingin membuat permintaan vakum maka hubungi call center 0811-322-915 atau ke Instagram IPLT Babar.

"Memang seharusnya tangki septic itu harus kedap kiri kanan atas bawah harus dicor kalau dia lebih dari lima tahun tidak pernah disedot berarti bocor. Makanya kami kalau untuk penyedotan itu harus menerapkan SOPnya apalagi yang sudah lama tidak pernah dibuka itu memang bergas sehingga kami pakai masker gas itu," ucapnya.

Anita menuturkan tidak diperbolehkan lagi untuk tangki septic itu hanya cor kiri dan kanan karena dikhawatirkan akan ada pencemaran bakteri ecoli secara tidak terkendali. (rul/wb)



BACA JUGA
MEDSOS WOWBABEL