Petani Sawit Babel Keciprat Dana PSRRp 30 Juta Per Hektar

Dwi H Putra    •    Kamis, 20 Januari 2022 | 11:43 WIB
Lokal
Ilustrasi (net)
Ilustrasi (net)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) akhirnya dirasakan masyarakat petani sawit di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

"Disamping mendapatkan bibit sawit unggul dan berkualitas, petani sawit ini juga kecipratan bantuan dana sebesar Rp 30 juta dari setiap hektare luas sawit petani," kata Gubernur Babel, Erzaldi Rosman, baru-baru ini.

"Replanting perkebunan sawit ini juga sudah dimulai di Simpang Trans Desa Nyelanding, Kabupaten Bangka Selatan (Basel)," ujarnya. 

Menurutnya untuk luas lahan yang terverifikasi di Basel seluas 616 hektar, kemudian yang sudah berproses pencairan sekitar 200 hektare. 

Lanjutnya program reflanting ini merupakan bantuan Badan Layanan Umum (BLU) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dari retribusi kelapa sawit ekspor CPO.

"Semua kabupaten ada, dan kita terus mendorong verifikasi perkebunan sawit ini," jelas Erzaldi. 

Pihaknya berharap program ini dapat benar-benar dimanfaatkan masyarakat, dengan tanaman baru yang bertujuan untuk meningkatkan produksi kelapa sawit tanpa membuka lahan baru. 

"Dan untuk verifikasi perkebunan sawit ini dilakukan oleh petugas sesuai pengajuan, dengan melihat usia batang sawit di atas 20 tahun atau tidak produktif lagi," tandas Mantan Bupati ini. 

"Segera ajukan ke Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) setempat atau desa dengan berkelompok untuk mendapatkan manfaat dari program ini," pungkasnya. (dwi/wb)



BACA JUGA
MEDSOS WOWBABEL