Prof Udin : Produk Milik Polman Negeri Babel Suda Ada Inovasinya

Jurnalis_Warga    •    Selasa, 18 Januari 2022 | 08:44 WIB
Lokal
Serah terima plakat Direktur Polman Negeri Babel kepada Prof. Saparudin pada SNITT Tahun 2022 di Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung (14/01/2022).(ist)
Serah terima plakat Direktur Polman Negeri Babel kepada Prof. Saparudin pada SNITT Tahun 2022 di Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung (14/01/2022).(ist)

SUNGAILIAT,www.wowbabel.com -- Guru Besar Informatika Telkom University dan Direktur Utama PT. Bumi Bangka Belitung Sejahtera BUMD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Prof Drs H Saparudin MT PhD menjadi narasumber dalam kegiatan Seminar Nasional Inovasi Teknologi Terapan tahun 2022, Jumat (14/01/2022) di Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung (Polman Babel).

Seminar yang mengambil tema peran strategis inovasi teknologi dalam meningkatkan daya saing bangsa dihadiri oleh para dosen dan mahasiswa tingkat akhir sekitar 150 mahasiswa.

Dalam pemaparannya, Prof Saparudin menjelaskan bahwa inovasi sangat dibutuhkan saat ini terutama terhadap teknologiuntuk menjawab tantangan di era globalisasi yang terjadi dalam persaingan diberbagai bidang.

“ Inovasi itu tidak mengenal usia dan tidak mengenal pendidikan tetapi kita bisa berkreasi melalui kreatifitas untuk menghasilkan produk baru,“ ujarnya.

Prof Udin menjelaskan saat ini kita berada dalam revolusi 4.0 dalam arti masuk dalam era globalisasi yaitu teknologi informasi telah mengubah kehidupan manusia untuk lebih mudah.

 “Salah satu UMKM di Bangka Belitung mendapat bantuan spinner dari pusat, dan Polman juga menyerahkan produk pengabdian berupa mesin spinner tetapi sudah ada kontrol kecepatan pengering rendah, sedang dan tinggi, saat ditanya kepada ibu kenapa memilih memakai produk Polman, Ibu itu menjawab punya polman ada stel kecepatannya,“ tutur Udin.

“ Jadi punya Polman ada inovasi sesuai dengan kebutuhan masyarakat, mungkin inovasi ini bisa ditingkatkan lagi misalnya mahasiswa TRPL dapat membuat dalam aplikasi berupa perintah suara terhadap mesin tersebut,“ kata Udin.

Sementara itu, Direktur Polman Negeri Bangka  Belitung, I Made Andik Setiawan MEng PhD  dalam sambutannya mengatakan seminar nasional teknologi terapan ini merupakan seminar nasional yang kedua, yang pertama dilaksanakan pada tahun 2021 tepatnya pada bulan Agustus 2021.

“ Seminar yang kedua ini kami laksanakan lebih awal yaitu pada bulan Januari 2022,“ ungkap Made

Ia juga menyebutkan seminar ini dilaksanakan oleh mahasiswa yaitu dari mahasiswa, untuk dan oleh  mahasiswa.

“ Peserta yang mengikuti seminar adalah para mahasiswa proyek akhir di tingkat empat dan panitianya juga dari mahasiwa, adik-adik kelasnya,“ imbuh Made.

Made juga menyampaikan tujuan diselenggarakan seminar ini bahwa untuk menambahkan wawasan atau ilmu bagi para mahasiswa terhadap inovasi teknologi 

“ Ilmu itu berbeda dengan harta, harta kalau dibagi akan berkurang tetapi ilmu jika dibagi akan terus bertambah dan jika disampaikan akan menjadi bermanfaat ke orang lain,” tutur Made.

“ Semoga yang apa kita lakukan hari ini akan menambah wawasan kita dan menjadi amal ibadah bagi kita,“ harap Made.

Selain mengadakan seminar, Polman Negeri Babel juga menyelenggarakan pameran teknologi tepat guna (TTG) di Kantin Polman Negeri Babel pada hari yang sama, pameran ini menampilkan berbagai hasil proyek akhir para mahasiswa.

Sejumlah 145 siswa dari SMA dan SMK di Pulau Bangka mengunjungi pameran tersebut yang terdiri dari SMAN 1 Merawang, SMAN 1 Pangkalpinang, SMAN 1 Sungailiat, SMK Muhammadiyah Sungailiat, SMAN 4 Pangkalpinang, SMKN 2 Sungailiat, SMAN 1 Muntok, SMKN 1 Sungailiat, SMAS Setia Budi, SMKN 2 Pangkalpinang, SMKN 1 Pangkalan Baru.

Para siswa yang berkunjung ke pameran TTG juga diajak berkeliling ke dalam lingkung kampus Polman Negeri Babel sebagai memperkenalkan area workshop Polman.

Saat ini Polman Negeri Babel juga sudah membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN khusus untuk diploma empat, Polman Negeri Babel merupakan salah satu pilihan bagi siswa-siswi SMA/SMK di Bangka Belitung untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya.(rill/*)




BACA JUGA
MEDSOS WOWBABEL