Pertama Kali Setelah 21 Tahun Berdiri, Babel Bakal Kirim Peserta Magang ke Jepang

Dwi H Putra    •    Selasa, 07 Desember 2021 | 12:06 WIB
Lokal
Caption: Pembukaan peserta seleksi pemagangan luar negeri ke Jepang di GOR Sahabudin, Selasa (7/12/2021). (dwi/wb)
Caption: Pembukaan peserta seleksi pemagangan luar negeri ke Jepang di GOR Sahabudin, Selasa (7/12/2021). (dwi/wb)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Sebanyak 151 peserta putra-putri asal Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mengikuti seleksi pemagangan ke Jepang yang diselenggarakan Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) bertempat di Gelanggang Olah Raga (GOR) Syahabudin Babel. 

"Peserta sebanyak 151 orang itu nantinya akan mengikuti berbagai rangkaian tes, di antaranya tes matematika, tes kesamaptaan dan kemudian pemeriksaan tubuh setelah itu sesi wawancara," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Babel, Elfiyena disela-sela kegiatan seleksi di GOR Syahabudin Babel, Selasa (7/12/2021). 

"Tidak semuanya dikirim, tapi peserta yang dinyatakan lulus seleksi saja," ujarnya. 

Elfiyena melanjutkan pihaknya mau sebanyak-banyaknya yang lulus, di bidang keteknikan (kegiatan pemagangan).

"Nanti mereka ini di training center (TC) dua bulan di sini, kemudian medical check up, setelah itu dikirim Kemenaker dan di TC lagi selama dua bulan," jelas Elfiyena.

Menurutnya peserta magang selama tiga tahun di Jepang, dengan penghasilan kurang lebih sebesar Rp 15 juta perbulan diluar jam lembur, dan jika peserta berhemat maka bisa menabung.

"Kalau lembur lain lagi, terus setelah itu dia dikasih asuransi sebesar Rp 40 juta, terus nanti pulang dikasih modal oleh Kemenaker sebesar Rp 75 juta untuk modal usaha," tandasnya. 

Menanggapi hal ini, Wakil Gubernur (Wagub) Babel, Abdul Fatah, mengatakan pihaknya memberikan pemahaman kepada kaum muda di Babel melalui pemagangan di luar negeri ini.

"Apalagi Jepang suatu negara yang memiliki perhatian yang tinggi dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM)," tukas Abdul Fatah. 

"Selama 21 tahun Babel, ini yang pertama kali keberhasilan Disnaker yang memberikan perhatian tinggi kepada kaum muda, memberikan kesempatan dan dibuka ruang kepada kaum muda melalui pemagangan ke Jepang," paparnya. 

Pihaknya berharap seluruh peserta itu semuanya berhasil menuju ke Kemenaker, untuk menjadi peserta tetap untuk magang di luar negeri. (dwi/wb)



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE