Babel Bakal Ekspor Porang dan Sarang Walet ke China dan Korea

Dwi H Putra    •    Sabtu, 04 Desember 2021 | 21:19 WIB
Lokal
Kepala DPKP Bangka Belitung, Juaidi.(dok)
Kepala DPKP Bangka Belitung, Juaidi.(dok)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menanggapi upaya-upaya ekspor sejumlah komoditi asal daerah ini, terus berusaha meningkatkan mutu dan kualitas. 

"Kami dari dinas tentunya berupaya meningkatkan mutu dan kualitas, agar mutu yang bakal diekspor akan semakin baik," kata Kepala DPKP Bangka Belitung, Juaidi di Pangkalpinang, Sabtu (4/12/2021). 

Kontinuitas produksi, sebab pasar itu selalu ingin kontinyu dan ini menjadi pekerjaan rumah (PR) pihaknya bersama pemerintah kabupaten/ kota, supaya menjamin ketersediaan produk demi memenuhi kebutuhan pasar. 

Tidak itu saja, pihaknya juga terus berupaya bagaimana masyarakat dan petani dapat meningkatkan volume usaha melalui pembiayaan-pembiayaan perbankan seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR), sebab untuk mengantisipasi peluang-peluang komoditi yang bisa diekspor. 

Selanjutnya, tahun depan yang ditargetkan bisa diekspor dari Babel yakni Porang dan Sarang Burung Walet dengan tujuan negara China dan Korea. 

"Kalau Porang ini lebih banyak ke Korea, sedangkan Sarang Burung Walet lebih ke China," tandas Juaidi. 

"Kami saat ini bersama instansi lainnya masih terus mempersiapkan aspek perizinannya, sebab ke Cina dan Korea ini administrasi nya sangat ketat," pungkasnya.(dwi/wb)




BACA JUGA
MEDSOS WOWBABEL