Batal Berhutang, Pemkab Bangka Barat Cari Investor untuk Teruskan Proyek Sport Hall

Chairul Aprizal    •    Senin, 22 November 2021 | 22:19 WIB
Lokal
Proyek Sport Hall yang sedang digarap oleh Pemkab Bangka Barat untuk persiapan Porprov Bangka Belitung 2023.(rul/wb)
Proyek Sport Hall yang sedang digarap oleh Pemkab Bangka Barat untuk persiapan Porprov Bangka Belitung 2023.(rul/wb)

MUNTOK,www.wowbabel.com – Pemkab Bangka Barat tampak batal untuk melakukan peminjaman dana (berhutang—red) guna menyelesaikan pembangunan sport hall yang akan dipersiapkan sebagai tuan rumah Porprov Bangka Belitung 2023 mendatang.

"Jadikan gedung itu sudah terlanjur dibangun, karena lah terlanjur dibangun maka mau tidak mau kita harus teruskan pembangunannya," ungkap Wakil Bupati Bangka Barat, Bong Ming Ming saat diwawancarai awak media, Senin (22/11/2021).

Bong Ming Ming menjelaskan pembangunan sport hall yang akan menelan dana  puluhan miliar rupiah ini juga harus berdampak baik untuk masyarakat, tidak sekedar untuk bermegah-megahan.

"Sementara kita kan defisit nih, ada beberapa mekanisme diajukan yang pertama pinjaman, kedua investasi. Kalau pinjaman prosedur agak panjang terus kita dikenakan beban bunga juga yang agak berat," terang Bong Ming Ming.

"Ini tengah berjuang untuk cari orang yang akan melakukan pembangunan mulai 2022 sampai 2023 diselesaikan, pembayarannya bertahap dari 2022, 2023, dengan 2024, sehingga tidak terlalu membebani APBD," terang Bong Ming Ming lebih lanjut.

Dengan mencari investor, kata Bong Ming Ming, hal itu untuk menghindari Pemkab Bangka Barat melakukan pinjaman yang dikhawatirkan menjadi beban bunga yang akan membebani APBD.

"Sudah ada sih beberapa orang (investor-red) cuman kan kita melihat siapa yang paling berkompeten, karena kita pengen bangunan itu selesai punya nilai dan berkualitas dari kekuatan dan estetikanya,” kata Bong Ming Ming.

Bong Ming Ming menyebutkan sekarang kecenderungan lebih memilih investor ketimbang mencari pinjaman untuk pembangunan tersebut.

"Insya Allah dalam bulan-bulan ini lah clear. Tidak banyak, cukup satu dua orang saja (investor-red) kita melihat siapa yang lebih memungkinkan. Pertama kan tidak hanya sekedar kekuatan finansial tetapi memang dia ahli kompetensi dalam membangun sport hall," kata Bong Ming Ming.

Bong Ming Ming menerangkan fokus saat ini hanya sport hall sementara untuk kelanjutan pembangunan stadion akan menggunakan dana hibah dari Pemprov Bangka Belitung yang nantinya akan dibicarakan lebih lanjut.(rul/wb)




MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE