Diguyur Hujan, Dua Daerah di Bangka Selatan Diterjang Banjir Rob

Aston    •    Rabu, 10 November 2021 | 15:41 WIB
Lokal
Caption: Banjir rob yang melanda warga di Desa Rajik, Bangka Selatan, Rabu (10/11/2021). (as/wb)
Caption: Banjir rob yang melanda warga di Desa Rajik, Bangka Selatan, Rabu (10/11/2021). (as/wb)

TOBOALI, www.wowbabel.com -- Wilayah Kabupaten Bangka Selatan sedang dilanda cuaca ekstrim dengan curah hujan tinggi sejak Selasa (9/11/2021) malam hingga Rabu (10/11/2021). Akibatnya di sejumlah titik wilayah pesisir diterjang banjir rob akibat air pasang laut  yang meluap hingga ke pemukiman warga. 

Penanggulangan bencana Kabupaten Bangka Selatan mengatakan bahwa, hingga Rabu  terdapat dua titik yang mengalami air pasang laut meluap, yakni di Desa Rajik Kecamatan Simpang Rimba dan Kelurahan Ketapang Kecamatan Toboali. 

" Sejauh ini ada dua titik air laut meluap yakni di Desa Rajik dan Kelurahan Ketapang," ujar Kepala Bidang Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Satpol PP Bangka Selatan, Agus Alvando. 

Air laut meluap atau banjir rob yang terjadi Di Desa Rajik mengakibatkan sedikitnya 50 rumah warga pesisir tergenang dengan kedalam 50 sampai 80 centimeter. 

Sementara di Kelurahan Ketapang air menggenangi sejumlah fasilitas publik, seperti di Pantai Kelisut air pasang laut meluap menggenangi sejumlah fasilitas wisata setempat. 

" Hal itu juga terjadi di Pantai Batu Kapur air meluap hingga ke lapak lapak kuliner. Namun hingga Rabu sore  berangsur surut seiring hujan mulai reda," ungkapnya. 

Ia mengatakan, petugas penanggulangan bencana sudah diterjunkan ke lokasi. Pihaknya juga telah menyiapkan petugas tambahan yang disiagakan di pos pemadam kebakaran. 

"Kami tetap menempatkan petugas di lokasi seperti di Sukadamai, Pantai Kelisut, Batu Kapur, dan Rawabangun yang merupakan daerah rawan banjir. Dan sebagian petugas  kami siagakan di pos damkar mengantisipasi sewaktu ada kejadian," tukasnya. (as/wb)



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE