BPBD Basel Laksanakan Pelatihan Water Rescue

Aston    •    Senin, 08 November 2021 | 14:18 WIB
Lokal
Caption: Petugas penanggulangan bencana di Kabupaten Bangka Selatan mengikuti pelatihan dasar penyelamatan dalam air atau water rescue yang dimulai Senin (8/11/2021) pagi. (as/wb)
Caption: Petugas penanggulangan bencana di Kabupaten Bangka Selatan mengikuti pelatihan dasar penyelamatan dalam air atau water rescue yang dimulai Senin (8/11/2021) pagi. (as/wb)

TOBOALI, www.wowbabel.com -- Sebanyak 20 orang petugas penanggulangan bencana di Kabupaten Bangka Selatan mengikuti pelatihan dasar penyelamatan dalam air atau water rescue yang dimulai Senin (8/11/2021) pagi. 

Danau buatan yang berada di Komplek perkantoran Pemkab Bangka Selatan dipilih menjadi lokasi pelatihan. 

Kepala Bidang Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Satpol PP Pemkab Bangka Selatan, Agus Alvando mengatakan pelatihan akan dilangsungkan selama dua hari. 

" Pelatihan dasar water resceu ini akan kami laksanakan selama dua hari yang mana instruktur dari BPBD Provinsi Babel sebanyak 14 orang," ujar Agus Alvando. 

Pelatihan diberikan cara-cara melakukan pertolongan saat terjadi musibah di air serta mengantisipasi kemungkinan yang terjadi, sehingga dapat meningkatkan kesigapan penanganan bencana. 

Lanjut dia, peserta pelatihan diberi pemahaman tentang materi dasar-dasar penyelamatan dan pengenalan alat pelindung diri (APD) dan perlengkapan pendukung "water reacue" seperti perahu karet dan dayung beserta kegunaannya. 

"Materi dasar pelatihan  berupa manajemen dasar kebencanaa, pemindaian/P3K, dan pengenalan alat selam," terangnya. 

"Selain itu peserta pelatihan juga diberikan praktik langsung penyelamatan di air oleh para instruktur," tuturnya. 

Agus menyampaikan pentingnya pelatihan water rescue ini dalam rangka meningkatkan keterampilan dan kompetensi TRC guna melakukan penyelamatan saat terjadi laka air. 

" Pelatihan ini diharapkan dapat menjadi bekal dan pengetahuan bagi petugas penanggulangan bencana Pemkab Basel agar siap diterjunkan di lokasi," tukasnya. (as/wb)



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE