Erzaldi Putuskan Perjalanan ke Babel Cukup Antigen, Anak-anak Boleh Terbang

Tim_Wow    •    Rabu, 20 Oktober 2021 | 12:47 WIB
Lokal
Caption: Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman. (dok/wb)
Caption: Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman. (dok/wb)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Pelaku perjalanan dalam negeri dengan moda transportasi udara dari dan ke Provinsi Bangka Belitung cukup syarat tes antigen bagi orang yang sudah vaksisnasi dosis 2. Sedangkan syarat surat keterangan negatif PCR diberlakukan untuk pelaku perjalanan yang baru vaksin dosis pertama.

Untuk pelaku menggunakan trnasportasi laut, cukup melampirkan bukti vaksin dosisi kedua dan melampirkan hasil negatif test antigen.

Keputusan untuk pelaku perjalanan ke Babel dikeluarkan oleh Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman dengan SE No. 550/0732/DISHUB tentang Pengendalian Transportasi Bagi pelaku Perjalanan Domestik Di Wilayah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyrakat (PPKM) Covid-19 Provinsi Keulauan Bangka Belitung tertanggal 19 Oktober 2021.

“Pelakau perjalnan dalam negeri (PPDN)  dengan moda transportasi udara  dari dan keProvinsi Kepulauan Bangka Belitung dapat menunjukkan surat keterangan hasil negatif Antigen (H-1) dengan syarat sudah memperoleh  vaksinasi dosis ketua atau surat keterangan hasilnegatif PCR (H-2)  jikamasih memperoleh vaksinasi dosis pertama,” kata Gubernur Babel, Erzaldi Rosman dalam suarat edarannya.

Dalam surat itu juga disebutkan bahwa transportasi umum, baik itu udara, laut, dan kapal penyebrangan dilakaukan  pengaturan kapasitas maksimal 70?ngan menerapkan  protokol kesehatan  secara ketat. 

Untuk pelaku perjalanan dalam negeri di Babel, anak di bawah usia 12 tahun  tidak diperbolehkan melakukan perjalanan dari dan ke Provinsi Babe kecuali dengan alasan yang dapat dipertanggungjawabkan dengan ketentuan di bawah 5 tahun wajib menunjukkan surat keterangan kesehatan dikeluarkan oleh fasyankes. 

Anak usia 5-12 tahun wajib menunjukkan surat keteranagn sehat seperti aturan  tes antigen bagi yang sudah vaksin dosis 2 dan suarat negatif PCR yang baru vaksin dosis pertama untuk moda transportasi udara.

Sedangakn moda transportasi laut, bagai anak-anak cukup hasil negatif tes antigen.

Para pelaku perjalan juga wajib mengunduh aplikasi PedulLindungi dengan mengisi data yang ada dalam aplikasi sebab data dalam aplikasi akan perifikasi oleh petugas yang ada di bandara maupun pelabuhan penyebrangan. 

Ketentuan menunjukkan bukti vaksin dikecualiakan bagai sopir kendaraan logistik dan angkutan barang serta pelakuperjalanan dnegan kondisi kesehatan khusus . Ketentuan bagai pelakauperjalnan dalam negeri dari dan ke Provinsi Babel berlaku hingga 8 Nopember 2021. (wb)



MEDSOS WOWBABEL