Dua Kabupaten di Babel Raih WTP Lima Kali Berturut-turut

Dwi H Putra    •    Selasa, 19 Oktober 2021 | 15:43 WIB
Lokal
Caption: Penyerahan penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) kepada pemerintah daerah (Pemda) di Lingkungan Provinsi Babel, Selasa (19/10/2021). (dwi/wb)
Caption: Penyerahan penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) kepada pemerintah daerah (Pemda) di Lingkungan Provinsi Babel, Selasa (19/10/2021). (dwi/wb)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menyerahkan penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) kepada pemerintah daerah (Pemda) di Lingkungan Provinsi Babel. 

"Kami mengapresiasi pemda yang telah berhasil mendapatkan predikat WTP tahun 2020, dimana semua pemda di Lingkup Provinsi Babel untuk pertama kalinya memperoleh WTP," kata Kepala Kanwil DJPb Babel, Edih Mulyadi di Ruang Pasir Padi Kantor Gubernur Babel, Selasa (19/10/2021). 

Lanjutnya pemberian apresiasi kepada kementerian negara/lembaga dan pemerintah daerah yang laporan keuangannya memperoleh opini WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) merupakan agenda tahunan, sebagai bentuk apresiasi pemerintah kepada seluruh pihak yang telah berupaya dalam mewujudkan laporan keuangan yang akuntabel. 

"Wilayah Babel pencapaian atas seluruh pemda yang telah memperoleh opini WTP tahun ini merupakan prestasi yang membanggakan," jelas Edih. 

"Pemberian apresiasi khusus diberikan pemerintah kepada Pemda Bangka dan Pemda Bangka Tengah (Bateng) yang telah meraih opini WTP lima kali berturut turut," paparnya. 

"Pemda yang telah mendapatkan opini WTP lebih dari satu kali, bahkan empat kali berturut-turut, kami mendorong dan mengajak untuk bersinergi dengan baik agar kembali memperolehnya untuk Laporan Keuangan Tahun 2021," tukasnya. 

Pihaknya berharap sinergi yang telah terbangun selama ini tidak hanya dengan stakeholders/ mitra kerja  dari pemerintah daerah, tetapi juga dengan seluruh instansi vertikal kementerian negara/ lembaga. 

Sementara itu, Gubernur Babel, Erzaldi Roesman, mengaku bersyukur tahun 2020 semua pemda dapat memperoleh predikat WTP agar dapat terus dipertahankan. 

"Ini merupakan salah satu bukti komitmen dan keseriusan seluruh pengelola keuangan serta kepala daerah dalam menjalankan tata kelola keuangan yang baik," kata Erzaldi. 

"Meskipun dalam kondisi exstraordinary dan tidak terduga sepanjang tahun 2020 akibat pandemi Covid-19," terangnya. 

Ia mengapresiasi dukungan dan keaktifan dari Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan (BPKP) Babel yang membina pemda dalam mengelola laporan keuangan pemerintah daerah. 

Penyerahan opini WTP ini, juga dihadiri oleh Wagub Babel, Abdul Fatah, Bupati Bangka Tengah, Alghafri, Wakil Bupati Bangka, Sekda Kota, Asisten III Setda Pemprov Babel, dan stakeholder terkait lainnya. (dwi/wb)



MEDSOS WOWBABEL