Listrik Byarpet, Gubernur Bangka Belitung Minta Warga Bersabar

Dwi H Putra    •    Senin, 18 Oktober 2021 | 17:07 WIB
Lokal
Ilustrasi. (net)
Ilustrasi. (net)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Byarpet yang terjadi di Pulau Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) dalam beberapa pekan terakhir, mengakibatkan terganggunya aktifitas masyarakat. 

Menanggapi hal itu, Gubenur Babel, Erzaldi Rosman, mengatakan saat ini PT PLN masih terus berusaha memulihkan pembangkit listrik yang rusak. 

"Mudah-mudahan bisa segera selesai, ini karena maintenance nya, PLN masih berusaha memperbaiki mesinnya," kata Erzaldi usai peletakan Lunas (Keel Laying) pembangunan kapal di Ketapang Pangkalpinang, Senin (18/10/2021) siang. 

"Kami sudah minta PLN supaya bisa segera menyelesaikan perbaikannya," ujarnya. 

Lanjut Erzaldi, diharapkan masyarakat dapat bersabar terkait kondisi kelistrikan akhir-akhir ini. 

"Kami minta masyarakat bersabar, apalagi saat ini terus diupayakan perbaikan secepatnya," harap Erzaldi. 

Menurutnya, pada akhir Desember nanti ketersediaan listrik di Babel akan lebih stabil, selain kondisi pembangkit listrik PLN yang sudah pulih, ditambah lagi kabel laut Sumatera - Bangka sudah selesai, sebanyak 150 mega watt listrik siap disalurkan. 

"Insya Allah akhir Desember nanti semuanya sudah pulih, tidak ada kendala lagi," jelas Erzaldi. 

Diketahui saat ini komponen mesin pembangkit listrik tenaga mesin gas (PLTMG) yang dikirim dari Riau untuk memulihkan kerusakan sistem kelistrikan yang terjadi pada salah satu pembangkit listrik di PLTMG Air Anyir  sudah tiba di kawasan pembangkit listrik PLN Bangka. 

Komponen tersebut akan menggantikan komponen sebelumnya yang sempat mengalami gangguan, mengakibatkan pasokan listrik di Pulau Bangka terganggu hingga akhirnya terjadi pemadaman bergilir saat ini. 

Proses pemulihan sistem kelistrikan di Pulau Bangka sudah mencapai 45 persen, ditargetkan datangnya komponen ini dapat mempercepat progres pemulihan sistem. (dwi/wb)



MEDSOS WOWBABEL