LPG Card Bakal Dilauching di Beltim, Targetkan 280 Ribu Pengguna

Dwi H Putra    •    Sabtu, 16 Oktober 2021 | 06:10 WIB
Lokal
Ilustrasi.(net)
Ilustrasi.(net)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com -- LPG card gas bersubsidi 3 kilogram yang direncanakan sejak lama, akhirnya segera diberlakukan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. 

"Launching LPG card ini dijadwalkan pada tanggal 21 Oktober 2021 di Kabupaten Belitung Timur (Beltim)," kata Kabag Sumber Daya Alam, BUMD dan BLUD Biro Ekonomi Pembangunan Pemprov Babel, Heru Widarto ST di Pangkalpinang, Jumat (15/10/2021). 

Lanjutnya menjelang launching hingga saat ini sudah didistribusikan kartu LPG Card kurang lebih 20.000 kartu kepada warga rumah tangga dan usaha mikro di Belitung Timur. 

Sementara launching akan dihadiri Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman, bersama Forkopimda, Direktur Konsumen BRI Handayani, GM PT Pertamina dan Ketua Hiswana Migas.

Menurutnya dari tujuh kabupaten/ kota di Babel, hanya Bangka Selatan yang belum menyerahkan data penerima gas 3 kilogram. 

"Tapi tidak akan menunggu, tetap dilaksanakan kebijakan LGP card ini, untuk kabupaten/ kota lainnya sudah kami terima tetapi masih ada data yang perlu diperbaiki," jelas Heru. 

"Kami menargetkan seluruh kabupaten/ kota sudah bisa menggunakan kebijakan ini dalam membeli gas subsidi 3 kg, dengan pencapaian 280.000 konsumen pengguna," ujarnya. 

"Target kami akhir tahun ini semua kabupaten/ kota sudah menggunakan LPG Card untuk pembelian LPG 3 Kg," paparnya. 

Meski demikian, dikatakan Heru, dari target 280 ribu pengguna LPG card, pihaknya tetap membuka penambahan untuk konsumen baru berdasarkan dengan kriteria yang ditentukan.

"Penambahan pasti ada, karena pasti ada usaha mikro baru dan rumah tangga baru, atau mereka yang tertinggal pada saat pendaftaran awal akan kita akomodir lewat User Maker yang ada di setiap desa/kelurahan. Pendaftaran nantinya bisa lewat mereka," tukas Heru. 

Dan berdasarkan ketentuan, ditambahkannya untuk rumah tangga kuota gas 3 Kg kurang lebih 3 atau 4 tabung per bulan, sementara usaha mikro kurang lebih 12 tabung per bulan.

"Kuota per bulan kita  1,11 juta tabung. Dan akan ditambah khusus untuk rumah tangga di hari-hari besar keagamaan," ungkapnya.

"Tujuan pemberlakuan LPG card ini untuk melancarkan pendistribusian LPG 3 Kg agar dapat tepat sasaran dan tepat harga, karena pembayaran menggunakan sistem cashless," tandas Heru. 

"Ini sudah terkunci dalam aplikasi BRImola yang ada di setiap pangkalan. Untuk saldonya harus top up dulu ke Agen Brizzi atau bisa lewat ATM, Link Aja dan lain-lain. Top up Rp 20.000 juga bisa, untuk satu kali pembelian," pungkasnya. (dwi/wb)




MEDSOS WOWBABEL