Pilkades Serentak, Calon Kades Desa Petaling Ajukan Permohonan Keberatan Hasil Pemilihan

Dwi H Putra    •    Jumat, 15 Oktober 2021 | 13:39 WIB
Lokal
Caption: Pilkades di Kabupten Bangka. (dok/wb)
Caption: Pilkades di Kabupten Bangka. (dok/wb)

SUNGAILIAT, www.wowbabel.com -- Beredarnya Surat Permohonan Keberatan hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Desa Petaling, Kecamatan Mendo Barat, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) yang digelar serentak pada Rabu (13/10/2021) kemarin, oleh Calon Kepala Desa (Kades) nomor urut empat, Paizah warga Jalan Pahlawan 12 RT 02 Dusun 03 Desa Petaling. 

Surat ditujukan kepada Panitia Pilkades Tahun 2021 Kabupaten Bangka, Panitia Pilkades Tahun 2021 Kecamatan Mendoa Barat, Pimpinan Badan Perwakilan Desa (BPD) Petaling dan Panitia Pilkades Tahun 2021 Desa Petaling ditembuskan kepada Gubernur Babel, Bupati Bangka, DPRD Bangka, Ombusman RI Perwakilan Babel, Para Calon Kades Petaling dan Media Lokal. 

Menanggapi hal itu, Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsospemdes) Kabupaten Bangka mengaku belum menerima secara resmi berkas permohonan keberatan tersebut, namun sudah mengetahui hal ini dari group dan pesan berantai whatsapp. 

"Iya benar ada permohonan yang disampaikan calon kades seperti dimaksud, kami belum menerima berkasnya, tahu adanya hal ini juga dari pesan whatsapp," kata Kepala Dinsospemdes Kabupaten Bangka, Toni Marza kepada wowbabel.com dihubungi via telpon, Jum'at (15/10/2021) siang. 

Lanjut Toni Marza, berdasarkan pesan berantai yang diterima tersebut isi surat permohonan sudah benar dan sesuai ketentuan, pemohon mencantumkan keberatan adanya pelanggaran hak konstitusional yang dimaksud adalah banyak ditemukannya warga masyarakat Desa Petaling tidak terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), sehingga tidak dapat atau ditolak untuk memberikan hak suara, kendati sudah memberikan bukti domisili yakni Kartu Tanda Penduduk (KTP) Desa Petaling. 

Tidak itu saja, pemohon mencantumkan Pasal 10 Ayat 1 point huruf a Keputusan Panitia Pemilihan Kepala Desa Nomor 002/PANPELDES/19.01.04.2001/2021 tentang Peraturan Tata Tertib Pemilihan Kepala Desa Petaling, dinyatakan (1) Pemilih adalah mereka yang memenuhi syarat-syarat : a. Penduduk desa setempat yang dibuktikan dengan kepemilikan KTP atau Kartu Keluarga (KK) atau Surat Keterangan (Suket) dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) sebagai pengganti KTP Elektronik sesuai perundang-undangan. 

Tetapi dalam surat permohonan, dalam pelaksanaannya Panitia Pemilihan Kepala Desa Petaling Tahun 2021 menolak  penggunaan KTP sebagai salah satu syarat pemilih dengan alasan tidak terdaftar dalam DPT. 

Terkait hal itu, pemohon menyampaikan tidak menerima hasil rekapitulasi penghitungan suara Pilkades Desa Petaling tahun 2021, dilakukannya penundaan penetapan hasil pleno Pilkades Desa Petaling tahun 2021, menunda pelantikan kades terpilih serta minta dilakukan pemungutan suara tambahan khusus bagi masyarakat Desa Petaling yang tidak terdaftar dalam DPT dengan menunjukkan KTP, KK atau Suket sebagaimana disyaratkan dalam Pasal 10 Ayat 1 point huruf a Keputusan Panitia Pemilihan Kepala Desa Nomor 002/PANPELDES/19.01.04.2001/2021 tentang Peraturan Tata Tertib Pemilihan Kepala Desa Petaling. 

"Sepengetahuan kami baru satu ini kasus yang ada terkait pilkades serentak tahun 2021, belum ada informasi lainnya," jelas Toni Marza. 

"Menindaklanjuti hal ini, saat ini kami serahkan ke Panitia Tingkat Desa terlebih dulu, apalagi kami belum mengetahui secara jelas kondisi di lapangannya," pungkasnya. (dwi/wb)



MEDSOS WOWBABEL