Penyandang Disabilitas di Bangka Belitung Bakal Dapat Bantuan Kursi Roda

Dwi H Putra    •    Jumat, 15 Oktober 2021 | 05:53 WIB
Lokal
Kepala Dinsospemdes Bangka Belitung, Budi Utama.(dok)
Kepala Dinsospemdes Bangka Belitung, Budi Utama.(dok)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Dinas Sosial dan Pemberdayaan Desa (Dinsospemdes) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) kedepan akan memberikan bantuan kepada penyandang disabilitas. 

Bentuk bantuan berupa  kursi roda dewasa, kursi roda 3 in 1, kursi roda anak-anak diberikan kepada penyandang disabilitas yang kurang mampu dibawah binaan atau layanan Lembaga Kesejahteraan Sosial Penyandang Disabilitas (LKSPD). 

"Ada beberapa orang yang sudah perifikasi, setidaknya lima orang calon penerima alat bantu yang layak mendapatkan bantuan," kata Kepala Dinsospemdes Bangka Belitung, Budi Utama kepada wowbabel.com dikonfirmasi melalui pesan whatsapp, Kamis (14/10/2021).

Lebih lanjut Budi Utama menjelaskan dana untuk menyediakan alat bantuan disiapkan dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tahun 2021 pada Bidang Rehabilitasi Sosial dan Pemulangan Warga Negara Migran Korban Tindak Kekerasan. 

Dan pada tahun 2021 ini penerima bantuan berasal dari Pangkalpinang satu orang, Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) tiga orang dan Bangka satu orang. 

"Tadinya lima orang, namun hari ini atas nama Kwang sudah meninggal, sehingga masih ada empat orang calon penerima alat bantu yang akan kami proses," jelas Budi Utama. 

"Penerima bantuan sesuai dengan kriteria yang diusulkan melalui LKSPD yang  kurang mampu dan layak dibantu, berdasarkan hasil verifikasi," paparnya. 

Apakah ada dana dari Kementerian Sosial (Kemensos) untuk bantuan ini, diakui Budi Utama untuk tahun ini belum ada bantuan dari Kemensos.

"Kami harap dengan adanya bantuan ini para penyandang disabilitas lebih mudah untuk beraktifitas sehari-hari," tukas Budi Utama. 

"Tidak itu saja, semoga dapat meningkatkan semangat hidup, sehingga keberfungsian sosialnya bisa terlihat di masyarakat," pungkasnya. (dwi/wb)




MEDSOS WOWBABEL