Ini Rekor Terbaru Harga Timah Tertinggi 37.248 Dolar AS Per Metrik Ton

Tim_Wow    •    Jumat, 15 Oktober 2021 | 08:39 WIB
Ekonomi
Ilustrasi. (net)
Ilustrasi. (net)

LONDON, www.wowbabel.com -- Timah kembali membuat rekor baru harga tertinggi. Pada penutupan pasar Rabu (14/8/10/2021) petang. Harga timah kontrak tiga bulan di pasar London menjadi US$37.247 per metrik ton.

Sebelumnya rekor harga tertinggi timah pada 24 September di level US$36.750 per metrik ton. Harga timah menembus level tertinggi akibat pasokan ke pasar yang terbatas sedangkan permintaan untuk industri hilir meningkat sejalan dengan pemulihan ekonomi dunia yang mulai pulih dari pandemi Covid-19.

Untuk rekor terbaru harga timah di London Metal Exchange (LME) akibat pasar  logam dipengaruhi berbagai kondisi, mulai dari produksi di sejumlah negara penghasil yang terganggu, keterbatasan transportasi, kebijakan negara mengatasi krisis listrik, hingga kecemasan pasar terhadap hutang perusahaan properti rasaksa dari Cina.

"Harga logam dasar di London Metal Exchange naik pada penutupan perdagangan pukul 17.00 pada hari Kamis 14 Oktober karena melemahnya Indeks Dolar AS, dan berlanjutnya masalah pasokan listrik yang menekan pasokan logam," ujar analis pasar logam Fastmarkets.

“Tapi di sini dari sisi pasokan masalah listrik  menciptakan ketatnya pasokan, sudah diperburuk dengan tingkat persediaan resmi yang rendah, tercermin dalam struktur jangka pengetatan,” Alastair Munro, desk analis LME.

Logam dasar di pasar  Shanghai sebagian besar juga ditutup di wilayah positif karena pasar semakin khawatir tentang inflasi. Tembaga Shanghai naik 3,32%, aluminium turun 0,4%, seng melonjak 7,98%, timah naik 0,76%, dan nikel naik tipis 0,33%.

Timah SHFE ditutup naik 0,76% atau 2090 yuan per metrik ton pada 278.360 yuan metrik ton dengan open interest turun 497 lot menjadi 27674 lot.

"Secara fundamental, pasokan spot saat ini masih terbatas, tetapi perkiraan tetap tidak berubah bahwa pasokan di masa depan akan meningkat. Pasar juga harus memperhatikan pengaruh penjatahan listrik," tulis analis Shanghai Metals  Market. 

Perkiraan harga timah dalam level tetinggi telah disampaikan para pelaku dan analis pasar dengan kondisi produksi yang makin terbatas dan permintaan  akan timah untuk industri elektronik dan fotovoltaik untuk industri listrik tenaga surya.

Timah logam dengan kinerja terbaik di pasar komoditas dunia tahun ini dengan kenaikannya sudah lebih dari 80% di sepa jang tahun. Bahkan harga timah sudah naik hampir tiga kaki lipat dari harga terendah di Maret 2021.

Tom Mulqueen, Kepala Penelitian  Amalgamated Metal Trading, pada seminar  LME Week mengatakan pasar timah falam kekurangan. 

"Pasar timah sekarang dalam kekurangan yang parah dan diperkirakan akan terus rentan terhadap gangguan pasokan karena pasarnya kecil,” kata Mulqueen.

Harga timah tunai LME berada di US$37.600 per metrik ton pada 11 Oktober posisi yang sama  pada 29 September.  Oleh sebab itu dia memperkirakan harga timah dunia tetap berada di level di atas US$30.000 per metrik ton hingga akhir 2021. (wb)



MEDSOS WOWBABEL