Garap Lahan Pemkot, Tambang Liar Ditertibkan Satpol PP Pangkalpinang

Hendri Dede PKP    •    Senin, 11 Oktober 2021 | 19:22 WIB
Lokal
Aktivitas tambang liar di wilayah Air Mawar, Kota Pangkalpinang ditertibkan Satuan Polisi Pamong Praja Kota Pangkalpinang, Senin (11/10/2021).(hen/wb)
Aktivitas tambang liar di wilayah Air Mawar, Kota Pangkalpinang ditertibkan Satuan Polisi Pamong Praja Kota Pangkalpinang, Senin (11/10/2021).(hen/wb)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com -- Aktivitas tambang liar di wilayah Air Mawar, Kota Pangkalpinang ditertibkan Satuan Polisi Pamong Praja Kota Pangkalpinang, Senin (11/10/2021). Tambang liar tersebut beraktivitas di lahan aset milik pemerintah setempat. 

Dari hasil penertiban itu, petugas berhasil mengamankan sebanyak lima unit mesin tambang beserta peralatan lainnya, meski sempat terjadi adu mulut dengan penambang.

"Tambang ilegal ini juga berada di aset lahan pemkot, sehingga di situ jelas ada pengerusakan, kami hanya bagian eksekutornya dan kelanjutannya ada di Bidang Aset," kata Kasat Satpol PP Kota Pangkalpinang, Efran. 

"Barang bukti sudah kita amankan semua. Biasa cek-cok itu, tidak ada perlawanan," lanjutnya. 

Efran berujar tidak menutup kemungkinan bahwa adanya unsur pidana bagi mereka yang dengan sengaja merusak fasilitas atau aset milik pemerintah.

"Itu ada unsur pidananya, jelas, itu kan aset pemerintah kota. Soal itu OPD terkait nanti menindak lanjutinya," kata Efran.

Berdasarkan informasi, menurut Efran, aktivitas tambang ilegal di lokasi tersebut beroperasi sejak dua-tiga hari yang lalu.

"Aktivitas mereka diperhitungkan sudah 2-3 hari ini. Mereka bekerja kucing-kucingan," pungkasnya.(hen/wb) 




MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE