Diperindag Babel Sidak Enam Perusahaan, Awasi Soal Perizinan

Dwi H Putra    •    Senin, 04 Oktober 2021 | 12:35 WIB
Lokal
Ilustrasi (net)
Ilustrasi (net)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Enam perusahaan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mendapat inspeksi mendadak (Sidak) oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) selama bulan September kemarin. 

Sidak ke perusahaan diantaranya industri peleburan bijih timah tersebut, dalam rangka pengawasan dan pengendalian terhadap usaha industri yang ada di Babel.

Kabid Pengendalian dan Fasilitasi Usaha Industri Disperindag Babel, Wahyono, menjelaskan enam usaha industri yang dikunjungi timnya yakni  PT Putra Bangka Mandiri (PBM), PT Gemilang Cahaya Mentari (GCM), PT Swarna Nusa Sentosa (SNS), PT Sawindo Kencana, PT Refined Bangka Tin (RBT) dan PT Mitra Stania Prima (MSP). 

"Kunjungan ini terkait pengawasan dan pengendalian terhadap usaha industri di Babel, dimana ada aspek pengawasan yang diteliti ada empat aspek yaitu kebenaran usaha sesuai Izin Usaha Industri (IUI), kebenaran kapasitas produksi dengan IUI, sudah memiliki akun SIINAS (sistem Informasi Industri Nasional), dan kewajiban penyampaian laporan data industri melalui Akun SIINAS," kata Wahyono di Pangkalpinang, Senin (4/10/2021). 

Wahyono melanjutkan hal itu dilakukan mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 2 Tahun 2017 tentang Pembangunan Sarana dan Prasarana Industri dan dijabarkan melalui Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 2 Tahun 2019 tentang Tata Cara Penyampaian Data industri, Data Kawasan Industri.

Data lainnya yaitu Informasi Industri dan informasi lain melalui Sistem Informasi Industri Nasional.

"Maka seluruh perusahan diwajibkan untuk mengapload data dan mengupdate data ke dalam SIINAS," jelas Wahyono. 

"Seluruh perusahan diwajibkan untuk mengupload data dan mengupdate data ke dalam SIINAS," pungkasnya. (dwi/wb)



MEDSOS WOWBABEL