Satgassus Targetkan 100 Persen Vaksinasi Dosis Satu Akhir November 2021

Dwi H Putra    •    Jumat, 01 Oktober 2021 | 14:18 WIB
Lokal
Caption: Kepala Satgassus Vaksinasi Covid-19 Babel, Brigjen Pol Umardani. (dwi/wb)
Caption: Kepala Satgassus Vaksinasi Covid-19 Babel, Brigjen Pol Umardani. (dwi/wb)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Satuan Tugas Khusus (Satgassus) Vaksinasi Covid-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) terus berusaha untuk mengejar target dosis satu yang baru mencapai 49,91 persen. 

"Kami targetkan di akhir bulan November 2021 sudah mencapai 100 persen untuk dosis satu, sedangkan dosis dua harus menunggu waktu sebab ada interval waktunya, suntikan dosis kedua baru bisa tercapai di awal tahun 2022," kata Kepala Satgassus Vaksinasi Covid-19 Babel, Brigjen Pol Umardani di Pangkalpinang, Jumat (1/20/2021). 

Diakui Brigjen Pol Umardani memang ada kendala terkait presepsi masyarakat soal vaksin, tapi tidak jadi permasalahkan dengan dilakukannya sosialisasi, edukasi dan pemahaman tidak hanya oleh TNI/Polri tapi semua pihak.

"Seperti yang dilakukan Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Babel saat ini, mudah-mudahan bisa dibuka geray rutin disini, artinya mendekatkan masyarakat dengan wakil rakyatnya," jelas Umardani. 

"Jika ada kekurangan kami siap membantu, baik tenaga kesehatan, vaksinnya juga ada, prinsipnya semakin banyak masyarakat yang datang paksin, kami semakin senang bukan kewalahan atau takut kekurangan," paparnya. 

Terkait tingkat kesadaran masyarakat yang mulai tinggi mengikuti vaksinasi, apakah dikarenakan memang penting melindungi diri atau adanya pembatasan aktivitas masyarakat jika belum paksin seperti tidak boleh ke objek wisata dan lainnya. 

Menanggapi hal itu, Brigjen Pol Umardani, mengatakan itu hanya stimulusnya saja, sebenarnya apabila sudah paksin antibodi lebih kebal dan imunitas semakin kuat, sehingga kemungkinan kecil terpapar Covid-19. 

Kemudian terkait Kabupaten Bangka masih dilevel empat, upaya yang dilakukan dengan vaksinasi yang dilakukan dengan mematuhi Instruksi Menteri Dalam Negeri (Imendagri) saja dengan melaksanakan setiap aturan yang sudah disampaikan dan disosialisasikan. 

"Dari TNI/Polri kami terus melakukan operasi yustisi dalam mendisplinkan masyarakat, terutama dengan giat vaksinasi dan pendisiplinan protokol kesehatan," terang Wakapolda Babel ini. 

Ditambahkannya upaya pencapaian target vaksinasi ini juga dilakukan dengan program vaksinasi keliling yang sudah diinstruksikan ke semua jajaran di hari libur, dengan sasaran ditempat hiburan, objek wisata, rumah makan dan pertokoan, dengan mendekatkan diri ke masyarakat termasuk ke masyarakat rentan, lansia, disabilitas, petani, nelayan dan lainnya. 

"Dari evaluasi kegiatan vaksinasi selama ini sudah bagus, lonjakannya sangat baik tadinya dibawah target nasional sekarang sudah peringkat 5, mohon kerjasamanya bantuan publikasinya oleh media bahwa pentingnya vaksinasi ini," katanya.

"Program lainnya juga dengan bidan mandiri dengan target keluarga, yang mana bidan bekerjasama dengan puskesmas, babinsa dan bhabinkamtibmas untuk melakukan vaksinasi di desa-desa," pungkasnya. (dwi/wb)



MEDSOS WOWBABEL