Tim KKNT UBB dan UNY Keluruhan Surya Timur Panen Sayur Hidroponik

Jurnalis_Warga    •    Rabu, 29 September 2021 | 12:36 WIB
Lokal
Mahasiswa KKN-Tematik yang mengabdi di Kelurahan Surya Timur, Kecamatan Sungailiat melaksanakan penyemaian dan pemanenan tanaman hidroponik, Sabtu (25/9/2021).(ist)
Mahasiswa KKN-Tematik yang mengabdi di Kelurahan Surya Timur, Kecamatan Sungailiat melaksanakan penyemaian dan pemanenan tanaman hidroponik, Sabtu (25/9/2021).(ist)

SUNGAILIAT,www.wowbabel.com -- Mahasiswa KKN-Tematik yang mengabdi di Kelurahan Surya Timur, Kecamatan Sungailiat melaksanakan penyemaian dan pemanenan tanaman hidroponik, Sabtu (25/9/2021).

Kegiatan ini merupakan lanjutan dari kegiatan sebelumnya, yaitu Sosialisasi Teknologi Hidroponik yang telah diselenggarakan pada tanggal 28 Agustus 2021. Pengarahan dan materi diberikan langsung oleh ahli tanaman hidroponik, yaitu Doddy. Program ini merupakan hasil kolaborasi antara mahasiswa Universitas Bangka Belitung (UBB) dan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang sedang menjalankan Kuliah Kerja Nyata.  

Hadir dalam kegiatan ini Lurah Surya Timur, Manusuki;  Dosen Pembimbing Lapangan KKNT Surya Timur, Herman, Pengurus PKK Kecamatan Sungailiat, warga Surya Timur serta para mahasiswa.

Pada kesempatan ini juga dilakukan pemanenan sayur hidroponik yaitu bayam dan samhong atau yang biasa dikenal dengan sebutan sawi keriting yang sebelumnya telah ditanam pada sosialisasi pertama. Sayuran yang dipanen, dibagikan kepada para tamu undangan dan juga kepada mereka yang menghadiri sosialisasi ini.  

“Penyemaian menjadi faktor yang sangat penting dan merupakan langkah awal untuk bisa berhidroponik,” ungkap Doddy selaku narasumber. 

“Karenanya penting bagi kita untuk mengetahui cara penyemaian bibit untuk teknologi hidroponik,” imbuh Doddy.

Menurut Doddy, cara berkebun dengan metode hidroponik memberikan solusi di tengah kondisi meningkatnya harga sayur di pasaran. Selain itu, metode ini juga dapat menjadi pilihan bagi mereka yang ingin berkebun namun tidak memiliki lahan yang memadai.

Dengan adanya program ini, diharapkan mampu meningkatkan kemampuan SDM setempat dalam bidang pangan. Dikarenakan budidaya menggunakan sistem hidroponik ini dapat menjamin mutu produk seperti bentuk, ukuran, rasa, warna, dan kebersihan karena kebutuhan nutrisi tanaman dipasok secara terkendali. 

“Selain itu, tidak tergantung dengan musim tanam dan panen sehingga dapat diatur sesuai dengan kebutuhan pasar,” tukas Doddy.(rill/*)




MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE