PT SNS Kalah Lagi, Pengadilan Jatuhi Hukuman Perusahaan Bayar Hak Buruh Hampir Setengah Miliar

Aston    •    Kamis, 23 September 2021 | 16:16 WIB
Lokal
Ketua  PDKP Bangka Belitung, Ibrohim SH.(ist)
Ketua PDKP Bangka Belitung, Ibrohim SH.(ist)

TOBOALI,www.wowbabel.com-- Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit PT Swarna Nusa Sentosa (SNS) di Kabupaten Bangka Selatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung diwajibkan membayar hak para buruh serta uang pesangon mencapai setengah miliar kepada buruh harian lepas (BHL) yang dipecat  oleh PT SNS. 

Hal itu berdasarkan putusan Pengadilan Hubungan Industrial Kota Pangkalpinang yang mengabulkan gugatan para penggugat sebagaimana Putusan Perkara No.046/Pdt.Sus-PHI/2021, Kamis (16/9/2021) yang lalu. 

Penasihat Hukum penggungat dari PDKP Bangka Belitung, Ibrohim SH menyampaikan dalam siaran pers bahwa dalam sidang putusan perkara yang dipimpin oleh hakim Wahyudinsyah Panjaitan, PT SNS harus membayar hak Karyawan berupa uang pesangon kepada BHL Sopanto dan kawan-kawan sebanyak 10 orang.

"Pada hari Kamis 16 September 2021 gugatan 10 orang buruh harian lepas yang bekerja di PT Swarna Nusa Sentosa (SNS) dikabulkan oleh Majelis Hakim Pengadilan Hubungan Indsustrial Pangkalpinang dengan amar Putusan Perkara No.046/Pdt.Sus-PHI/2021 didaftar pada tangga 17 Juni 2021,"ujar Ibrohim, Kamis (23/9/2021). 

Ia mengatakan hakim mengabulkan gugatan Para Penggugat untuk sebagian. Menyatakan sah hubungan hukum ketenagakerjaan antara para penggugat dengan tergugat. Menyatakan Hubungan Kerja antara Para Penggugat dan Tergugat berakhir karena adanya perintah mutasi untuk melaksanakan pekerjaan diluar yang diperjanjikan sejak 19 November 2019, dan Para Penggugat berhak atas uang pesangon dan uang penghargaan masa kerja.

" Namun PT SNS mengajukan kasasi," tuturnya. 

Sebelumnya Pada Tahun 2020, PT SNS juga sudah digugat para BHL. Namun, gugatan penggungat yang juga di dampingi Penasihat Hukum, Ibrohim dari PDKP Babel menuntut PT SNS membayarkan hak BHL selama di rumahkan oleh PT SNS.

"Dan Alhamdulillah gugatan kami juga dikabulkan oleh Pengadilan Hubungan Industrial Pada Pengadilan Negeri Pangkalpinang, dan putusan telah berkekuatan hukum tetap sebagaiaman Putusan Kasasi Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor  1337 K/Pdt.Sus-PHI/2020  dengan amar putusan menolak permohonan Kasasi dari Pemohon Kasasi PT Swarna Nusa Sentosa," ungkapnya.

Dengan demikian, lanjut Ibrahim bahwa seluruh Hak dan Pesangon Para Karyawan yang harus dibayar oleh PT Swarna Nusa Sentosa dari gugatan pertama yang telah berkekuatan hukum tetap dan gugatan kedua yang sudah diputuskan pengadilan PHI Pangkalpinang berjumlah Rp428.645.798

"Dengan rincian Rp 193.485.828,32 , Rp 205.392.711,93, dan Rp 29.767.059,7. Dan kami juga berkeyakinan kalau permohonan kasasi PT SNS untuk gugatan yang kedua kembali ditolak Mahkamah Agung," tukasnya.(as/wb)




MEDSOS WOWBABEL