Harga Timah Bertahan Saat Logam Dalam Tekanan

Tim_Wow    •    Rabu, 22 September 2021 | 09:45 WIB
Ekonomi
Ilustrasi (net)
Ilustrasi (net)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Harga timah dunia masih bertahan di jalur kenaikan saat harga logam dasar  di pasar London berada di bawah tekanan dalam beberapa hari terakhir.  

Timah tiga bulan ditutup pada level US$ 34.090 per metrik ton, Selasa (21/9/2021) atau nail 0,38%. Saat pembukaan pasar pagi hari, harga logam terlihat lebih beragam setelah penurunan pada hari Senin rata-rata sebesar 1,6% di London Metal Exchange (LME).

Baca Juga: Pasar Logam Cemas Kasus Properti, Laju Harga Timah Terhenti

"Harga logam dasar tiga bulan di LME sedikit berubah atau naik pagi ini, dengan kompleks naik rata-rata 0,3%, dipimpin oleh kenaikan 0,6% tembaga menjadi $9.061 per ton. Setelah mengalami kelemahan baru-baru ini, aluminium dan timah menjadi logam yang  bertahan dengan terbaik, keduanya naik," sebut analos pasar Fast Markets, Rabu (22/9/2021) pagi.

Para analis pasar melihat sentimen risk-off  di pasar komoditi  terkait dengan kekhawatiran  masalah utang raksasa properti China Evergrande akan memicu penularan, terutama di seluruh industri konstruksi China.  Sejak Senin pasar di seluruh China, Jepang dan Korea Selatan mèmasuki liburan musim gugur telah mengurangi likuiditas di pasar  yang meningkatkan volatilitas harga logam.

Financial Times melaporkan harga logam turun pada hari Senin karena meningkatnya kekhawatiran tentang dampak permintaan komoditas dari kemunduran di pasar properti Cina. 

Sektor properti menyumbang sekitar 20 persen dari konsumsi tembaga negara dan 10 persen dari permintaan nikel. Sektor konstruksi merupakan salah satu konsumen terbesar logam dasar seperti tembaga dan aluminium, serta baja.

Sedangkan persedian timah rata-rata di gudang LME pada September 2021 sebesar 1,251 ton. Turun 35,8% month-to-month (mom) dibanding bulan Agustus 2021. Pasokan timah selama tahun 2021 sempat mengalami penurunan akibat berbagai masalah di negara penghasil. Termasuk di Cina sebagai produsen sekaligus konsumen logam timah terbesar dunia. (wb)



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE