Masuk Pasir Padi Harus Tunjukan Sertifikat Vaksin Covid-19

Hendri Dede PKP    •    Minggu, 19 September 2021 | 15:51 WIB
Lokal
Sejumlah warga yang hendak  menuju ke Pantai Pasir Padi Pangkalpinang diminta untuk menjalani suntikan vakain Covid-19.(ist)
Sejumlah warga yang hendak menuju ke Pantai Pasir Padi Pangkalpinang diminta untuk menjalani suntikan vakain Covid-19.(ist)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com -- Pengunjung kawasan wisata Pantai Pasir Padi Kota Pangkalpinang kini wajib menunjukan kartu sertifikat vaksin Covid-19 atau akan dilakukan vaksinasi di tempat pintu masuk.  

Pemberlakuan ini dilakukan setiap hari Sabtu-Minggu, mengingat tingginya volume pengunjung yang akan berwisata pada hari tersebut.

Baca Juga: Kunjungi Objek Wisata di Bangka Wajib Tunjukkan Kartu Vaksin

Kabid Pariwisata Kota Pangkalpinang, Dwidy Sutiasmi menyebut pemberlakuan itu dilakukan sebagai salah satu upaya mengendalikan penyebaran Covid-19 di tempat keramaian.

"Kalau mereka belum paksin bisa vaksin di pintu masuk Pantai Pasir Padi. Kemarin mulai diberlakukan dan dilaksanakan setiap Sabtu dan Minggu," ujar Dwidy kepada Wow Babel, Minggu (19/9/2021).

"Kita bekerjasama dengan Dinkes hanya di Hari Sabtu dan Minggu, jam 15.00 WIB hingga 18.00 WIB, karena pada saat weekend pengunjung banyak yang datang dan mereka akan di periksa apakah sudah punya sertifikat vaksin," lanjut dia.

Dwidy menjelaskan jika pengunjung sebelumnya sudah menjalani vaksinasi, maka mereka harus menunjukkan kartu atau sertifikat vaksinasi tersebut.

Sebaliknya jika adanya pengunjung belum mendapatkan vaksinasi karena alasan kesehatan, Dwidy mengatakan hal tersebut akan dijelaskan melalui Dinas Kesehatan. 

"Jadi intinya masyarakat tidak perlu bersusah payah mencari vaksin karena ada beberapa tempat yang langsung disediakan vaksin. Intinya mempermudah," imbuhnya.

Sementara itu, kata Dwidy, pemberlakuan tersebut sebelumnya berdasarkan Imendagri Nomor 39 tahun 2021 yang berlaku di tempat wisata. Pengunjung dapat melakukan scan barcode memastikan status vaksinasi.

"Nanti ada barcode dari Kemenkes untuk tempat wisata jadi pengunjung masuk menggunakan barcode," pungkasnya. (hen/wb)






MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE