Transaksi Timah di ICDX Meningkat Berkat Harga Naik Berlipat

Abeng    •    Senin, 13 September 2021 | 09:07 WIB
Ekonomi
Ilustrasi.(net)
Ilustrasi.(net)

PANGKALPINANG, wowbabel.com -- Transaksi timah batangan di bursa komoditas Indonesia Commudity and Derevatives Exchange (ICDX) melonjak pada bulan Agustus 2021. Bahkan dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, naik hingga 960% .

Kenaikan harga timah sejak awal tahun telah mendorong eskportir timah di Indonesia melepas stok timah mereka ke pasar.

“Transaksi timah batangan melalui ICDX hingga Agustus  2021 mencapai 19.493,24 metrik ton atau senilai 601,55 juta Dolar AS,” kata Muhammad Irham Kepala Kantor Perwakilan ICDX Provinsi Bangka Belitung akhir pekan lalu.

Untuk bulan Agustus saja, kata Irham transaksi ekspor timah melalui ICDX meningkat 22%  m-to-m menjadi 3.649,64 metrik ton atau senilai 129,87 juta Dolar AS.

“Jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu mengalami peningkatan sebesar 960 persen,” ujarnya.

Awal Agustus lalu, ICDX merilis data perdagangan timah di Indonesia yang menunjukkan tren bullish di sepanjang tahun 2021. Dalam rilis itu,  Research & Development ICDX menyebutkan, harga timah yang berkisar 21.000 Dolar AS per ton di awal tahun terus menanjak naik hingga menembus ke level di atas 35.000 Dolar AS per ton, di penutupan semester I tahun 2021.

Dari sisi volume, ekspor timah yang dilakukan melalui ICDX juga menunjukkan kinerja yang positif, dengan total volume ekspor pada semester I , mencapai 12.868,93 metrik ton, angka ini naik 202% dari semester II tahun 2020.

Meningkatnya permintaan timah di tengah isu ketatnya pasokan akibat pandemi Covid-19 yang kembali merebak di berbagai negara produsen utama timah, khususnya Asia, masih menjadi katalis utama yang menggerakkan harga timah.

Menurut ICDX, Indonesia yang merupakan produsen timah terbesar kedua di dunia tidak mengalami kendala akibat dari pandemi Covid-19. PT Timah Tbk selaku produsen timah terbesar di Indonesia, menyatakan bahwa akan tetap menjaga produksi tahun ini stabil di kisaran 31 ribu hingga 34 ribu ton.

Katalis positif lain yang mengangkat harga timah menurutnya adalah perusahaan kendaraan elektrik asal China, Xpeng Motors, pada tanggal 31 Juli secara resmi mengumumkan peluncuran pabrik manufakturnya di zona pengembangan ekonomi dan teknologi Wuhan, dengan proyeksi kapasitas produksi mencapai 100.000 kendaraan per tahun. (*)



MEDSOS WOWBABEL