Antisipasi Banjir, Pemkot Pangkalpinang Lakukan Normalisasi Sungai

Hendri Dede PKP    •    Senin, 13 September 2021 | 20:32 WIB
Lokal
Ilustrasi.(net)
Ilustrasi.(net)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com -- Dinas Pekerjaan Umum Kota Pangkalpinang kembali melakukan normalisasi sejumlah sungai atau wilayah tampungan air guna mengantisipasi genangan air maupun banjir dalam menghadapi tingginya curah hujan.

"Untuk titiknya banyak, menyebar seperti di Pasar Ikan yang sedimentasi lumpurnya tinggi. Normalisasi ini dilakukan dalam satu tahun anggaran di mana wilayah (sendimentasi-red) diperkirakan agak bermasalah," ujar Kepala Dinas PU Kota Pangkalpinang, Suparlan, Senin (13/9/2021).

Suparlan menjelaskan upaya lain yang dilakukan yaitu dilakukan pengadaan pompa air di tahun 2021. Sehingga stasiun pompa air nantinya dapat ditempatkan pada titik atau wilayah rawan banjir.

Di Kelurahan Kampung Bintang, menurutnya wilayah tersebut bukan dikarenakan daratan rendah, melainkan dikarenakan penyempitan saluran dan kapasitas saluran yang tidak sesuai dengan debit air yang masuk.

Suparlan bilang ditambah lagi wilayah merupakan kawasan padat penduduk maka harus dilakukan pembebasan lahan rumah warga.

"Solusinya memang harus dilakukan pelebaran yang semestinya dua kali lebih besar dari saluran yang sekarang, namun kendalanya rumah warga, maka harus ganti rugi tapi duit nya tidak ada. Jadi masalnya ada di situ, maka kita siapkan pompanisasi," ungkapnya.(hen/wb) 




MEDSOS WOWBABEL