4 Pantai di Muntok Jadi Pilihan Warga untuk Weekend

Chairul Aprizal    •    Minggu, 12 September 2021 | 20:09 WIB
Travel
Pantai Baru merupakan salah satu destinasi wisata di Kota Muntok.(rul/wb)
Pantai Baru merupakan salah satu destinasi wisata di Kota Muntok.(rul/wb)

MUNTOK,www.wowbabel.com --Empat pantai yang selalu menjadi spot weekend bagi warga Muntok, Kabupaten Bangka Barat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

Pantai Baru, Pantai Batu Rakit, Pantai Tanjung Kalian, dan Pantai Asmara yang berada di ujung barat Kecamatan Muntok ini adalah spot istimewa yang selalu menjadi pilihan untuk menghabiskan hari weekend sore bersama keluarga, kerabat, dan pasangan sebelum bertemu kembali dengan hari kerja yang melelahkan.

Kota Muntok sebagai Ibukota  Kabupaten Bangka Barat tak banyak memiliki destinasi wisata selain pantai, dan memang sampai sekarang belum ada pusat perbelanjaan besar seperti mall. 

Selain pantainya, Kota Muntok dikenal memiliki beberapa tempat bersejarah yang dijadikan destinasi wisata heritage seperti Wisma Ranggam, dan Pesanggrahan Menumbing.

Maka dari itu untuk sebagian besar penduduk lokal keempat pantainya ini adalah pilihan utama untuk merefreshing diri dari padatnya pekerjaan selama satu minggu dilalui.

Keempat pantai inipun jaraknya tidak jauh dan memang saling berhubungan satu dengan yang lainnya, yang apabila ditempuh dari pusat Kota Muntok hanya memakan waktu sekitar 15 menit.

Untuk menuju kearah pantai ini bisa melalui jalan raya antar provinsi menuju ke Pelabuhan Penyeberangan Tanjung Kalian dan bisa melalui jalan yang baru dibuka dan diaspal melintasi Kampung Tanjung.

Dari arah Kampung Tanjung Muntok tidak sampai 5 menit bisa sampai ke Pantai Baru dan dapat berkendara di pinggir pantai dengan melihat deburan ombak atau bersantai di tempat tersebut,

Jika maju sedikit lagi maka akan menemukan portal memasuki Pantai Batu Rakit yang terdapat juga beberapa sarana prasarana bermain anak dan olahraga. 

Untuk menuju ke Pantai Tanjung Kalian jaraknya pun tidak jauh karena berada paling ujung yang disitu ada mercusuar. 

Dan terakhir bersebelahan dengan Pantai Tanjung Kalian, ada Pantai Asmara dari sini adalah titik paling tepat untuk menikmati pemandangan sunset yang indah.

Di setiap pantai terdapat para penjual otak-otak yang merupakan camilan olahan dari ikan laut yang dibungkus dengan daun pisang yang dapat dinikmati sambil bersantai dengan ditemani es kelapa muda.

Seperti yang diungkapkan oleh penjual otak-otak, Agus Ishar (46) bahwa memang jika hari Minggu bisa meraup penghasilan sampai Rp 800.000.

"Iya memang ramai kalau dibandingkan dengan hari biasa ini juga tidak seperti dulu sekarang memang beda (Pandemi). Tapi kalau minggu seperti ini lah lebih rame orang beserta keluarga hilangin penat di rumah mungkin. Dan memang kalau hari biasa paling dibawah Rp 800 ribu kadang hanya Rp 300 ribu sampai Rp 400 ribu saja" ucapnya, diwawancarai wowbabel, Minggu (12/09/2021).(*) 



MEDSOS WOWBABEL