Dosen Agroteknologi UBB Yakinkan Petani Menanam Porang dan Ajarkan Mengubah Limbah Jadi Kompos

Jurnalis_Warga    •    Sabtu, 11 September 2021 | 17:00 WIB
Lokal
Dosen Agroteknologi Universitas Bangka Belitung (UBB) melakukan pertemuan dengan sejumlah petani  pada Jumat (10/09/2021) pagi, di lahan Kebun Percobaan UBB.(ist)
Dosen Agroteknologi Universitas Bangka Belitung (UBB) melakukan pertemuan dengan sejumlah petani pada Jumat (10/09/2021) pagi, di lahan Kebun Percobaan UBB.(ist)

MERAWANG,www.wowbabel.com — Petani di Desa Balinijuk, Kabupaten Bangka merasa beruntung bisa menghadiri undangan Dosen Agroteknologi Universitas Bangka Belitung (UBB) pada Jumat (10/09/2021) pagi, di lahan Kebun Percobaan UBB. Sebab, pada pertemuan tersebut mereka diberi pengetahuan yang komprehensif tentang tiga hal.

Pertama, memungkinkannya bertani, beternak, serta budidaya perikanan secara bersamaan dalam satu wilayah atau lahan, dengan implikasi yang sangat menguntungkan. Kedua, diberikan pengetahuan tentang penanaman komoditas yang sedang viral, yakni Porang, lalu seperti apa saja kegunaannya serta bagaiman menjanjikannya Porang sebagai sebagai sebuah  komoditas baru. Ketiga, diajarkan secara langsung dan mendetail bagaimana mengelola limbah menjadi kompos dengan metode yang cenderung sederhana.

Pengetahuan tentang bagaimana efektif dan menguntungkannya jika menggarap pertanian, peternakan dan melakukan budidaya ikan secara bersamaan dan terpadu dalam satu lahan, disampaikan oleh Dr Ratna Santi SP MSi.

“Di Mendo Barat kami sudah mengembangkan peternakan, pertanian dan perikanan di satu lokasi. Di sana kami membudidaya ikan lele, beternak itik di lahan tanaman padi . Dalam prosesnya, limbah yang dihasilkan itik di lokasi itu langsung kami jadikan penyubur padi. Sementara kolam lele, serta merta telah menjadi habitat dan tempat bermain itik. Lelenya sendiri bisa dijadikan pakan, dan airnya yang banyak mengadung unsur hara, bisa disiramkan kepada tanaman untuk menyuburkannya,” ungkap Ratna Sari.



MEDSOS WOWBABEL