PT Timah Tbk Kembangkan Hilirisasi Timah di Cilegon

Tim_Wow    •    Rabu, 08 September 2021 | 17:04 WIB
Ekonomi
Ilustrasi (net)
Ilustrasi (net)

JAKARTA, www.wowbabel.com -- PT Timah Tbk mendukung hilirisasi timah dengan mendirikan perusahaan industri timah di Cilegon Provinsi Banten. Perusahaan penambangan timah terbesar kedua dunia ini memiliki wilayah operasi sebagian besar di Kepulauan Bangka Belitung dan Kepulauan Riau.

Dukungan terhadap hilirisasi tambang ini sudah dirintis PT Timah Tbk sejak tahun 2009 dengan mendirikan PT Timah Industri dengan produk utama solder dan tin chemical. 

Kebutuhan bahan baku timah batangan  dipasok oleh PT Timah Tbk untuk memproduksi timah solder dan tin chemical sekitar 200-300 ton per bulan. 

Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PT Timah Tbk Wibisono dalam Publik Expose Live 2021, Rabu (8/9/2021) menerangkan, di pabrik tersebut, PT Timah memproduksi tin chemical dan solder yang telah dijual ke Vietnam pada semester II-2021. 

“Perseroan terus melakukan penetrasi kepada para end user, salah satunya customer di Jawa Timur. Semoga hal tersebut memberi dampak signifikan kepada perseroan,” tandas dia.

Dia menambahkan, aksi korporasi ini sekaligus sebagai dukungan PT Timah agar produk timah dapat dikonsumsi di dalam negeri. 

“Ini juga menjadi pesan kuat bahwa PT Timah selalu berupaya menciptakan hilirisasi dan memberikan value added terhadap ekonomi secara nasional,” tegas dia.

Wibisono mengungkapkan, kinerja anak perusahaan PT Timah pun terus menunjukkan pertumbuhan dan diharapkan mampu menopang pencapaian kinerja perseroan sampai akhir 2021. 

Peningkatan permintaan logam seiring meredanya pandemi Covid-19 telah membuat harga logam terjaga yang berdampak pada berkembangnya industri hilir logam timah.

Dia menjelaskan, ada empat faktor pendorong dari seluruh kinerja anak perusahaan, sehingga berkontribusi positif. Pertama, efisiensi, khususnya biaya pinjaman atau bunga bank yang menurun, yang related dengan penurunan outstanding pinjaman.

“Kemudian faktor lainnya berkaitan dengan strategi ke depan, bagaimana kami mengolah tambang-tambang secara efisien, sehingga berkontribusi terhadap gross margin perseroan,” ujar Wibisono. (wb)



MEDSOS WOWBABEL