Jika Sudah Dua Kali Vaksin, Naik Pesawat Cukup Gunakan Antigen

Dwi H Putra    •    Selasa, 07 September 2021 | 22:13 WIB
Lokal
Ilustrasi.(net)
Ilustrasi.(net)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com  - Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman, kembali mengeluarkan aturan baru terkait transportasi bagi pelaku perjalanan domestik di wilayah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Covid-19.

Hal ini tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor : 550/0617/DISHUB yang ditandatanganinya hari ini Selasa (7/9/2021), SE ini juga menindaklanjuti arahan Presiden RI Joko Widodo terkait perpanjangan PPKM melalui Intruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri).

Dalam Inmendagri tersebut disebutkan Babel masuk dalam klasifikasi wilayah kategori PPKM Level 3, serta penyesuaian terhadap persyaratan perjalanan menggunakan transportasi udara di wilayah Bangka Belitung. 

"Salah satunya memperbolehkan penggunaan tes rapid antigen bagi penumpang, asalkan sudah memperoleh vaksinasi dosis kedua," kata Erzaldi Rosman di Pangkalpinang, Selasa (7/9/2021). 

Lanjutnya, hal ini tertuang dalam SE poin ketiga, pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) dengan moda transportasi udara ke atau keluar wilayah Babel dapat menunjukkan surat keterangan hasil negatif Antigen (H-1) dengan syarat sudah memperoleh vaksinasi dosis kedua atau surat keterangan hasil negatif PCR (H-2) jika baru memperoleh vaksinasi dosis pertama. 

Selain itu, setiap inpidu yang melaksanakan perjalanan dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum bertanggung jawab atas kesehatannya masing-masing serta wajib menerapkan dan memenuhi protokol kesehatan.

"Bagi anak-anak dibawah 12 tahun diharapkan tidak keluar daerah, terkecuali penting dengan disertakan surat dari instansi berkompeten, tentunya sesuai dengan poin-poin lainnya," jelas Erzaldi. 

"Kemudian, transportasi umum (pesawat, kapal laut dan kapal penyeberangan) diberlakukan dengan pengaturan kapasitas maksimal 70 persen dengan menerapkan dan memenuhi protokol kesehatan secara lebih ketat," pungkasnya. (dwi/wb)



MEDSOS WOWBABEL