Erzaldi Perintahkan Stok Vaksin Dihabiskan Dalam Sepekan

Tim_Wow    •    Selasa, 07 September 2021 | 11:15 WIB
Lokal
Caption: Capaian Vaksinasi di Bangka Belitung
Caption: Capaian Vaksinasi di Bangka Belitung

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Gubernur Provinsi Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman perintahkan seluruh kepala daerah di  Kabupaten/Kota se-Babel untuk menghabiskan stok vaksinasi yang tersedia di masing-masing daerah. Pasalnya vaksinasi di Babel masih berada di bawah 30% dari target 1,14 juta jiwa.

"Jangan ditunggu-tunggu apalagi dibiarkan. Habiskan dulu stoknya. Pemprov tidak akan menahan (pendistribusian), karena kita harus percepatan," tegas  Erzaldi menanggapi daerah yang mengeluh terbatasnya ketersediaan vaksin.

Penegasan Erzaldi ini disampaikan saat Rapat Evaluasi Percepatan Vaksinasi dan Penggunaan Anggaran, bersama Wakil Gubernur Babel Abdul Fatah, dan Forkopimda Babel seperti Kapolda, Danrem 045/Garuda Jaya, perwakilan Kejati, BPKP, dan BPK Perwakilan Babel, di Rupatama Mapolda Babel, Senin (6/9/2021) sore.

Gubernur  menjelaskan, Pemerintah Pusat tidak bisa terus mengirim vaksin secara cuma-cuma, karena pusat menghitung dari jumlah stok yang ada di daerah. Sementara, pada paparan masing-masing daerah mengakui masih memiliki stok yang cukup untuk beberapa hari ke depan.

"Pusat enggak mau kirim-kirim saja. Terkadang pusat juga bilang ke saya, habiskan dulu stoknya. Pusat tidak mengirim lagi kalau stok masih banyak di kabupaten," katanya.

Untuk itu,  Erzaldi memberikan target kepada masing-masing daerah untuk menyelesaikan vaksinasi. Sebab, jika vaksinasi dapat berjalan lancar sesuai target harian yaitu 20.000 vaksin per hari, bukan tidak mungkin Babel mampu merealisasikan 40 persen program percepatan vaksinasi hingga akhir September 2021, yang saat ini terealisasi 29 persen

"Pusat hanya akan mengirimkan lagi kalau stok di daerah itu tersisa dua hari. Untuk itu, saya minta dalam seminggu ini dihabiskan agar bisa kita ajukan lagi ke pusat. Perkara apakah vaksinnya untuk kedua, kasih tahu kami jadwalnya agar efektivitas betul-betul tumbuh," ungkapnya.

Pihaknya pun, menurut gubernur, terus mendistribusikan stok vaksin Covid-19 ke daerah berdasarkan kebutuhan. Dari laporan Kepala Dinas Kesehatan Babel, Andri Nurtito, stok vaksin yang tersedia berkisar 43.000 dosis.

"Tolong habiskan sampai tidak ada stok. Karena kalau di daerah saat ini masih ada stok seharusnya sudah berlangsung setiap hari vaksinasinya. Kalau ini lancar (Vaksinasi), tidak akan ada stok lagi yang tersisa," pungkasnya. (wb)



MEDSOS WOWBABEL