Ekspor CPO Bangka Belitung Naik lebih Dari 100 Persen

Firman    •    Jumat, 03 September 2021 | 09:47 WIB
Ekonomi
Ilustrasi (net)
Ilustrasi (net)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Kepala  Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Tantan Heroika melihat komoditas minyak sawit mentah (CPO) yang masih berpotensi meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah. Sebab  perkembangan harga CPO global kembali meningkat sebesar USD1.077,05/mt di bulan Agustus 2021 atau naik 7,55% (mtm). 

"Kenaikan harga tersebut antara lain didorong oleh pasokan yang relatif terbatas sejalan dengan adanya hambatan produksi, khususnya di Malaysia, karena berkurangnya jumlah pekerja migran seiring ditutupnya perbatasan akibat pandemi Covid-19," kata Tantan dalam keterangan tertulisnya.

Berdasarkan data Malaysian Palm Oil Board (MPOB), produksi minyak sawit Malaysia turun 5,1% pada Juli 2021 menjadi 1,52 juta ton.

Oleh sebab itu Tantan melihat  produksi CPO Bangka Belitung diperkirakan melanjutkan tren peningkatan. Tercatat pada Juli 2021 ekspor CPO Bangka Belitung meningkat lebih dari 100% secara tahunan.

Dalam rangka meningkatkan efektifitas pengendalian inflasi tahun 2021 serta mencermati perkembangan Covid-19 dan upaya pencegahan penyebarannya, Bank Indonesia bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) terus memonitor perkembangan harga dan stok bahan pokok strategis, mempererat koordinasi antar pemangku kepentingan, serta mengedepankan pemenuhan pasokan dari dalam wilayah maupun melalui kerja sama antar daerah sehingga inflasi tahun 2021 dapat terjaga pada rentang 3±1%. (fn/wb)



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE