Belasan Perusahaan PIP Berharap Bisa Kembali Nambang di Laut Sukadamai

Aston    •    Jumat, 27 Agustus 2021 | 22:03 WIB
Lokal
Belasan pemilik perusahaan tambang PIP yang sempat menjadi mitra PT Timah Tbk, berharap kembali bisa menambang di perairan Toboali.(as/wb)
Belasan pemilik perusahaan tambang PIP yang sempat menjadi mitra PT Timah Tbk, berharap kembali bisa menambang di perairan Toboali.(as/wb)

TOBOALI,www.wowbabel.com --  Belasan perusahaan tambang timah Ponton Isap Produksi (PIP) berharap kembali bisa menambang timah di perairan laut Toboali Bangka Selatan.

Hal itu terkait rencana PIP akan beroperasi kembali setelah dihentikan oleh PT Timah selaku pemegang IUP. 

"Mohonlah PT Timah dan pemerintah untuk memikirkan perusahaan-perusahaan yang ada di Bangka Selatan. Kenapa sistemnya berubah hanya satu perusahaan yang dapat bekerja," keluh Imam Santoso kepada wartawan saat menggelar jumpa pers, Jumat (28/7/2021) di Toboali.

Imam yang mewakili 18  perusahaan lainnya mengatakan, rencana pertambangan timah PIP di perairan laut Toboali akan diberikan kepada satu perusahaan sebagai mitra PT Timah. 

"Sistem baru hanya satu perusahaan saja sedangkan kami CV lama tidak diikutsertakan lagi, ini kan tidak adil. Pemerintah daerah tolonglah berpikir nasib kami perusahan-perusahaan yang  di Bangka Selatan ini," tuturnya

Senada disampaikan Herman Susanto yang mengaku kecewa dengan regulasi yang baru tersebut. Terlebih kata dia, CV lama tidak mendapatkan informasi sehingga terkesan terjadi monopoli. 

"Monopoli berdiri sendiri tanpa melibatkan kami. Kami tidak tau apa sebabnya. Yang kami harapkan CV (mitra--red) lama ini ditata ulang ada kekurangan dibenarkan tapi ini tidak, distop sementara kemudian dibubarkan dan  kawan-kawan 18 CV sama sekali tidak dapat informasi," sesal Aming sapaan akrab Herman Susanto.

Pihaknya berharap pemerintah daerah dapat menjembatani perihal tersebut agar ada solusi dan keadilan bagi perusahaan lokal daerah setempat.(as/wb) 




 



MEDSOS WOWBABEL