UBB Serahkan Dua Unit Mesin Pencetak Pakan Ayam Kepada Mitra Ternak Desa Bencah

Jurnalis_Warga    •    Minggu, 15 Agustus 2021 | 06:06 WIB
Lokal
Penyerahan bantuan mesin pencetak pakan ternak oleh pihak UBB kepada mitra ternak Desa Bencah. (ist)
Penyerahan bantuan mesin pencetak pakan ternak oleh pihak UBB kepada mitra ternak Desa Bencah. (ist)

AIRGEGAS,www.wowbabel.com -- Universitas Bangka Belitung (UBB) pada tahun ini kembali melanjutkan program Pengabdian Dosen Tingkat Universitas pada Masyarakat. Pengabdian tahun 2021 ini dilaksanakan di Desa Bencah Kecamatan Airgegas, Bangka Selatan, Sabtu (14/8/21). 

Program pengabdian ini  diketuai  oleh Saparin ST MSi, dengan anggotanya yaitu  Eka Sari Wijianti SPd MT  dan Sitti Nurul Aini SP MSi. Pengabdian Dosen UBB pada Masyarakat merupakan  program  tahunan  tingkat  universitas dengan  memanfaatkan dana hibah untuk membantu masyarakat.  

Bantuan yang diberikan Dosen UBB  tahun  ini merupakan  lanjutan  program  pengabdian tahun 2020. Jika tahun sebelumnya mitra ternak Desa Bencah menerima bantuan mesin tetas telur beserta bibit ayam merawang, namun tahun ini program bantuan yang diberikan berupa dua unit mesin hasil modifikasi dosen dan mahasiswa teknik mesin untuk menciptakan pakan ayam.

Dalam sambutanya Saparin mengatakan pada tahun ini pengabdian kedua yang dilakukan dengan mitra ternak Bencah karena pada dasarnya program ini adalah keberlanjutan bantuan untuk usaha ternak ayam para mitra. 

"Saya juga berharap dengan ada bantuan ini mitra kami tetap semangat untuk meneruskan usaha peternakannya dan memiliki potensi ekonomi kedepannya. Jika sebelumnya sudah ada mesin tetas telur otomatis jumlah ternak ayam mitra kami akan semakin bertambah dan kebutuhan pakannya juga akan semakin besar sehingga dengan adanya mesin pencetak pakan ini bisa membantu efisiensi biaya pakan,” ungkapnya. 

Sari Wijanti selaku anggota tim pengabdian menambahkan bantuan kali sangat memudahkan mitra dalam berusaha ternak karena sebelumnya sudah ada mesin untuk menetas telurnya dan hasilnya juga sudah maksimal sekitaran 90%.  

"Saya berharap juga bantuan mesin ini bisa membuka peluang ekonomi bidang lain seperti penggilingan daging atau bahkan produksi pakannya dijual dengan pedagang toko atau peternak sekitarnya,"  tutur Sari. 

Ketua Mitra Ternak Bencah, Supan, mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan UBB. Bantuan kali ini bisa meningkatkan peluang usaha peternakannya dengan perkiraan 80%. Ia berharap kedepannya masih tetap bisa menerima bantuan dari UBB maupun pihak Pemdes untuk memberikan edukasi maupun bantuan di bidang vaksin ternak untuk mengurangi risiko kematian ternak.

Kegiatan  tersebut ditutup dengan serah terima dua unit mesin pencetak pakan ayam dari Dosen Universitas Bangka Belitung bersama Mitra Ternak Desa Bencah dan Pemdes Bencah.(rill/wb) 





MEDSOS WOWBABEL