Kinerja Ekspor Faktor Utama Ekonomi Babel Moncer

Tim_Wow    •    Kamis, 12 Agustus 2021 | 14:38 WIB
Ekonomi
Ilustrasi (net)
Ilustrasi (net)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Peningkatan ekonomi Bangka Belitung (Babel) pada triwulan II tahun 2021 dampak dari pemulihan ekonomi global yang semakin kuat. Kondisi ekonomi global  mendorong peningkatan volume perdagangan global termasuk ekspor komoditas unggulan Babel.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat kinerja ekonomi Babel triwulan II tumbuh sebesar 6,85% (yoy). Meningkat dibandingkan triwulan sebelumnya yang tumbuh sebesar 0,97% (yoy). 

Bank Indonesia (BI) Kantor Pewakilan Babel dalam laporannya mengatakan peningkatan ekonomi Babael ini didorong oleh membaiknya kinerja ekspor luar negeri yang tumbuh sebesar 73,68% (yoy), setelah pada triwulan sebelumnya terkontraksi sebesar 4,35% (yoy). 

Perbaikan kinerja ekspor terutama ditopang oleh peningkatan permintaan dari negara mitra dagang utama, seperti Tiongkok, Amerika Serikat, dan Singapura. Hal ini tercermin dari peningkatan harga logam timah pada triwulan II 2021 dengan rata-rata sebesar 29.076 USD/MTon atau tumbuh 85,03% (yoy), sementara pada Juli 2021 harga rata-rata logam timah berhasil menyentuh 33.049 USD/MTon dan mencapai nilai tertinggi sejak 1 dekade terakhir. 

Adapun komoditas unggulan lainnya seperti CPO, karet, dan lada juga menunjukkan tren peningkatan harga selama triwulan II 2021. 

“Perkembangan positif sektor eksternal juga mendorong perbaikan kinerja investasi yang tumbuh positif sebesar 6,36% (yoy), lebih baik dibandingkan triwulan sebelumnya yang terkontraksi 2,83% (yoy),” kata Kepala Kantor Perwakilan BI Babel dalam keterangan tertulisnya, Kamis (12/8/2021). (wb)



MEDSOS WOWBABEL