Erzaldi Ingin Pembangunan PLTT Dimulai dari Babel

Dwi H Putra    •    Kamis, 12 Agustus 2021 | 13:44 WIB
Lokal
Caption: Gubernur Babel, Erzaldi Rosman Djohan, saat membuka Focus Group Discussion (FGD)
Caption: Gubernur Babel, Erzaldi Rosman Djohan, saat membuka Focus Group Discussion (FGD) "Kajian Penerimaan Masyarakat Terhadap Pengembangan PLTT, di ruang Pasir Padi Pemprov Babel, Kamis (12/8/2021). (dwi/wb)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mendorong percepatan pembangunan dan pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Thorium (PLTT), guna meningkatkan ketersediaan energi ramah lingkungan dan daya saing di tingkat nasional dan internasional.

"Kami berharap pembangunan PLTT ini diawali di Babel, karena memiliki ketersediaan thorium yang berlimpah," kata Gubernur Babel, Erzaldi Rosman Djohan, saat membuka Focus Group Discussion (FGD) "Kajian Penerimaan Masyarakat Terhadap Pengembangan PLTT, di ruang Pasir Padi Pemprov Babel, Kamis (12/8/2021). 

"Babel memiliki sumber kekayaan alam thorium yang berpotensi untuk dikembangkan menjadi sumber energi listrik yang ramah lingkungan," ujarnya. 

Lanjutnya, Pemprov Babel mendukung PT Thorcon Power Indonesia bekerja sama dengan Universitas Sebelas Maret (UNS) dan Universitas Bangka Belitung (UBB) melakukan kajian penerimaan masyarakat terhadap implementasi PLTT tersebut.

Dan melalui diskusi ini dapat mengupas secara detail berbagai masalah dan kendala kedepannya yang tidak bisa dan diprediksikan apa yang terjadi, sehingga meyakinkan masyarakat bahwa PLTT ini aman dan lebih murah. 

"Sumber daya alam thorium ini merupakan sesuatu anugerah dan harus diberdayakan dan dipergunakan, untuk mempercepat pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia, khususnya Babel," papar Erzaldi. 

"Kehadiran PLTT ini tidak hanya berdampak pertumbuhan pembangunan dan ekonomi," jelasnya.

"Kami menyakini dengan ketersediaan listrik yang murah dan efisien, akan mengundang para investor untuk berinvestasi di negeri ini," harapnya. 

Sementara itu, Wakil Rektor Riset dan Inovasi UNS, Prof Dr Kuncuro Diharjo ST MT, mengapresiasi Gubernur Babel yang telah memfasilitasi pertemuan FGD penerimaan masyarakat terhadap implementasi pembangunan PLTT di Babel.

"Kegiatan ini tahapan yang sangat penting dalam mensinergikan secara bersama-sama antara Pemprov Babel dengan akademisi dan tokoh masyarakat," tukas Kuncoro. 

"Sehingga nantinya dapat mewujudkan PLTT yang aman, murah, bersih yang berbasis kearifan lokal daerah ini," pungkasnya. (dwi/wb)



MEDSOS WOWBABEL