Gerbang Lestari Pemkab Bangka Raih Penghargaan Top Inovasi 45 Nasional

ADVERTORIAL    •    Kamis, 05 Agustus 2021 | 14:55 WIB
Lokal
Kampoeng Reklamasi Air Jangkang yang dikelola oleh PT Timah Tbk menjadi salah model pengelolaan lingkungan bekas tambang yang bisa dimanfaatkan menjadi lahan produktif, edukatif, berorientasi wisata dan berkelanjutan.(ist)
Kampoeng Reklamasi Air Jangkang yang dikelola oleh PT Timah Tbk menjadi salah model pengelolaan lingkungan bekas tambang yang bisa dimanfaatkan menjadi lahan produktif, edukatif, berorientasi wisata dan berkelanjutan.(ist)

SUNGAILIAT,www.wowbabel.com -- Pemkab Bangka berhasil meraih penghargaan TOP Inovasi Pelayanan Publik Terpuji KIPP 2021 berbasis pentahelix bidang lingkungan GERBANG LESTARI “Gerakan Pembangunan Melestarikan Lingkungan”. 

Gerbang Lestari berhasil menembus Top Inovasi Terpuji Pelayanan Publik se Indonesia kategori umum Tahun 2021 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. 

Pemkab Bangka berkolaborasi dengan PT Timah Tbk mengembangkan Gerbang Lestari. Dimana Kampoeng Reklamasi Air Jangkang yang dikelola oleh PT Timah Tbk menjadi salah model pengelolaan lingkungan bekas tambang yang bisa dimanfaatkan menjadi lahan produktif, edukatif, berorientasi wisata dan berkelanjutan.  

Di Kampoeng Reklamasi Air Jangkang Kawasan yang dulunya bekas tambang timah itu kini menjelma menjadi tempat wisata sekaligus sentra rehabilitasi satwa dilindungi.

Bupati Bangka, Mulkan mengucapkan terimakasih kepada PT Timah Tbk atas berbagai inisiatif dan upaya yang sudah dilakukan. Pihaknya menerapkan kolaborasi pentahelix dalam pembangunan daerah yang melibatkan stakeholder.  Dalam menjalankan kolaborasi pentahelix terdapat beberapa pilar yakni Pemerintah Daerah, Pelaku Usaha, Masyarakat, Akademisi, dan Media Massa. 

Mulkan merasa sangat bangga atas keberhasilan kolaborasi pentahelix di Kabupaten Bangka sehingga pembangunan daerah dapat lebih maksimal dan memberikan dampak positif bagi perbaikan kesejahteraan masyarakat.

“Kedepan, saya berharap, semua pelaku usaha lainnya di Kabupaten Bangka, baik yang bergerak dibidang usaha pertambangan, industri, perkebunan, perikanan dan lainnya,  dapat memaksimalkan  kolaborasi pentahelixnya, bekerjasama dengan Pemkab Bangka melakukan pembangunan daerah guna mewujudkan visi Bangka Setara,” tuturnya. 

Sementara itu, Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan PT Timah Tbk, Anggi Siahaan mengatakan, PT Timah Tbk berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk membangun daerah.

Anggi menyebutkan, Kampoeng Reklamasi Air Jangkang merupakan salah model pengelolaan lahan bekas tambang yang dilakukan PT Timah yang dilakukan secara terintegrasi. Selain melakukan penataan lahan, PT Timah juga memberdayakan masyarakat untuk mengelola kawasan tersebut. 

“Kami turut berbangga atas diraihnya TOP Inovasi oleh Pemkab Bangka, dimana Kampoeng Reklamasi Air Jangkang menjadi salah satu objeknya. Kami berharap sinergi dan kolaborasi ini dapat terus terjalin untuk pembangunan daerah,” tutupnya.(adv/*) 



MEDSOS WOWBABEL