Selama PPKM Level IV, Pemkab Bangka Barat Belum Sediakan Bansos untuk Pedagang dan Masyarakat

Chairul Aprizal    •    Minggu, 01 Agustus 2021 | 12:13 WIB
Lokal
Wakil Bupati Bangka Barat, Bong Ming Ming.(rul/wb)
Wakil Bupati Bangka Barat, Bong Ming Ming.(rul/wb)

MUNTOK,www.wowbabel.com -- Selama masa PPKM Level 4 di Bangka Barat, Dinsospemdes Bangka Barat menyebutkan tidak ada bantuan khusus kecuali bantuan reguler tiap bulan dari Kementerian.

Kepala Dinsospemdes Bangka Barat Suradi menjelaskan bantuan yang selama ini bergulir dari Kementerian adalah berupa beras untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) untuk Program Keluarga Harapan (PKH).

"Ini bantuan sifatnya reguler namun juga untuk menangani PPKM karena ini juga termasuk percepatan nasional ketika PPKM berlangsung maka program ini juga segera dapat diterima oleh KPM karena ini bantuan reguler yang setiap bulan didapat," ungkap Suradi.

Suradi menuturkan KPM PKH ini bantuan sembako yang diterima tiap bulan berbentuk sembako non tunai dan ada juga yang berupa uang dengan penguatan berupa beras selain bantuan sosial tunai (BST) dari Kementerian.

Sementara itu Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming Ming mengakui memang pemerintah daerah belum menganggarkan bantuan sosial untuk membantu masyarakat selama dalam status PPKM Level 4.

"Pertama status PPKM inikan baru satu minggu sementara anggaran kan sudah berjalan, kalaupun kita harus membuat anggaran baru harus ada recofusing baru lagi," jelas Bong Ming Ming, Sabtu (31/07/2021).

Bong Ming Ming menerangkan saat ini pemerintah daerah lebih fokus ke penanganan terstruktur dan masif seperti memetakan sebaran virus Covid-19 seperti di Kecamatan Muntok dan Tempilang.

"Kita melihat petanya seperti apa dan kita isolasi juga seperti yang di Pait dan kita tracking cepat dan selama PCR kita buat dapur umum untuk mensuplai makanan masyarakat kita setiap hari," ungkap Bog Ming Ming.

Dampak PPKM Level 4 selama seminggu yang cukup memberatkan bagi pedagang kecil dan pelaku usaha yang dipaksa tutup lebih cepat dan mengurangi kapasitas konsumen,

Bong Ming Ming sudah menyampaikan pada saat melakukan rapat internal untuk bantuan yang disalurkan kepada masyarakat terkonfirmasi positif harus melibatkan pelaku UMKM sehingga dapat membantu para pelaku usaha UMKM.

"Saya kemarin pas kami rapat sampai jam 1 malam kita minta inikan bantuan untuk masyarakat yang terkena covid itukan sehari tiga kali jadi kita minta nanti melibatkan pengusaha UMKM. Jadi semua mereka kita data nanti berbagi ini pengusaha UMKM yang mana untuk mensuplai makanan itu, supaya ada perputaran dagangan mereka bisa terbantu di situ," terangnya.(rul/wb) 



MEDSOS WOWBABEL