Masjid Jamik Muntok Jadi Contoh Penerapan Prokes Rumah Ibadah

ADVERTORIAL    •    Jumat, 30 Juli 2021 | 18:48 WIB
Lokal
Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi  Rosman.(ist)
Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman.(ist)

MUNTOK,www.wowbabel.com -- Gerbang putih besar terbuka lebar. Satu per satu jamaah Masjid Jamik Muntok, Bangka Barat (Babar) berdatangan. Selangkah sebelum memasuki rumah suci itu mereka terhenti. Membersihkan lengan dengan cairan hand sanitizer yang sudah tersedia, dan mengecek suhu tubuh. 

Ya, jamaah masjid penuh sejarah ini menujukkan kepatuhannya terhadap protokol kesehatan (prokes) saat menunaikan Salat Jumat. Selain itu, para jamaah mulai dari anak-anak hingga dewasa yang datang  juga mengenakan masker. 

Apresiasi diberikan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman, ketika ia bersama Kapolda Babel, Irjen Pol Anang Syarif Hidayat, dan Danrem 045/Garuda Jaya Brigjen M Jangkung Widyanto melihat langsung bagaimana keseriusan pengurus masjid menerapan prokes bagi jamaahnya.

"Kami mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh masyarakat, jamaah masjid yang sudah sangat menjalankan prokes. Tadi di depan sudah ada petugas yang mengingatkan, kemudian masuk dicek suhu tubuh dan menggunakan masker. Di dalam juga jaga jarak, ini sudah sesuai dengan keinginan kita," tutur Erzaldi Rosman, Jumat (30/7/21).

Sebelum Salat Jumat kepada jamaah, Erzaldi Rosman mengatakan, dengan adanya penerapan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) Level 4 oleh Pemerintah Pusat ini, penting untuk selalu mengingatkan agar kesehatan masyarakat dapat terus terjaga.

"Kami sayang ulama, kami sayang habib, kami sayang masyarakat. Jangan abaikan pandemi ini, kita ingin hidup sehat. Kami tidak ingin masyarakat masih berpikir dan menganggap virus ini tidak ada, virus ini hanya buatan saja," katanya.

Untuk itu, ia mengajak kembali masyarakat dan para alim ulama dan tokoh agama di Bumi Sejiran Setason dapat mendukung kebijakan pemerintah. Apalagi, Masjid Jamik Muntok merupakan masjid bersejarah sebagai pusat kebudayaan, pendidikan, keagamaan.

"Jadi, tolong semua masyarakat, yok sama-sama bantu pemerintah. Tujuannya demi keselamatan bersama. Ini hanya semata-mata kita ingin membuat masyarakat kita hidup sehat, dan terhindar dari Covid-19. Jadikan Masjid Jamik ini sebagai contoh," kata Erzaldi Rosman.

Sementara, Sekretaris Masjid Jamik Muntok Sandi Wijaya mengungkapkan jika pihaknya telah melaksanakan prokes sejak pandemi menular, dengan rutin melakukan penyemprotan desinfektan setiap hari pukul 9.00 WIB dan 16.00 WIB, dan mengimbau jamaah mengenakan masker. 

"Anggota tim keamanan turut mengamankan tiga pintu masuk masjid. Kami juga senantiasa menyiapkan masker untuk jamaah. Kalau pun ada yang keberatan (menggunakan masker),  kami tegur, ingatkan dengan kasih sayang. Alhamdulillah seperti tadi full yang pakai masker," tukasnya.(adv/*)




MEDSOS WOWBABEL